Pasang Loker

10 Profesi Ini Akan Hilang Digantikan Mesin

Laporan PBB yang dirilis pada Oktober 2016 lalu menyebutkan bahwa apabila teknologi terus berkembang pesat, maka hingga tahun 2030 diperkirakan ada dua miliar pegawai yang akan kehilangan pekerjaan. Sementara itu, disrupsi ekonomi akan menyebabkan hilangnya sekitar 45 hingga 50 juta pekerjaan di Indonesia dalam beberapa waktu ke depan. Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Kepala Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasiona), mengutip hasil riset dari McKinsey, sebuah lembaga konsultan internasional.

WhatsApp Image 2018-03-02 at 00.01.50

Faktanya, kini teknologi dan artificial intelligence telah diaplikasikan ke dalam berbagai aspek kehidupan. Efektivitas dan efisiensi menjadi alasan mengapa sumber daya manusia tidak terlalu dibutuhkan lagi. Tidak heran jika pekerjaan yang eksis 20 tahun lalu pun terancam punah atau hilang. Pekerjaan yang rutin, manual, dan kognitif merupakan karakteristik pekerjaan yang nantinya akan digantikan dengan fungsi yang sama dari teknologi. Pekerjaan seperti apa itu? Berikut pekerjaan yang berisiko hilang karena digantikan mesin.

Pengantar pos

Setiap orang kini bisa mengirim dokumen atau data apapun menggunakan e-mail. Perusahaan swasta seperti JNE, TIKI, dan lainnya juga telah hadir untuk menggantikan pekerjaan tukang pos.

Pegawai fast food

Dengan aplikasi, pembeli bisa melayani dirinya sendiri. Selain memesan menu memalui tablet layar sentuh, pembeli juga dapat membayar melalui smartphone mereka sendiri.

Teller bank

Peran teller mengalami penurunan dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini karena hadirnya teknologi teller sebagai hasil transformasi digital.

Kasir

Proses otomasi juga akan berpengaruh pada proses pembayaran otomatis sebagai pengganti kasir.

Telemarketing

Tren pemasaran jarak jauh merupakan masalah untuk para pekerja di bidang ini

Agen travel

Di era digital seperti sekarang, mencari paket wisata kemanapun menjadi mudah melaui smartphone.

Pustakawan

Selain murah, e-book telah menjadi pilihan banyak orang karena mudah didapat ketimbang buku fisik.

Guru/dosen/profesor

Adanya sistem e-learning juga akan mengancam jenis pekerjaan satu ini

Produser film

Saat ini tiap orang bisa memproduksi film mereka sendiri secara indie.

Agen asuransi

Hasil dari transformasi ke era digital lainnya menyebabkan agen asuransi juga akan terancam karena bisa digantikan dengan sistem.

Era serba teknologi akan menyebabkan hilangnya banyak jenis pekerjaan yang telah kita kenal selama ini. Namun kamu jangan mudah putus asa karena disaat yang bersamaan telah muncul pula pekerjaan-pekerjaan baru yang tidak terbayangkan sebelumnya. Hal yang perlu kamu siapkan untuk menghadapi kemajuan zaman adalah kualitas dan kemampuan diri yang lebih mumpuni.

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *