Pasang Loker

3 Pekerjaan dengan Bayaran Tertinggi di Bidang Teknologi

Banyak orang yang mengatakan bahwa mencari pekerjaan itu sulit. Namun sebaliknya, perusahaan juga terkadang merasa kesulitan lho dalam merekrut karyawan. Apalagi saat ini setiap perusahaan saling bersaing untuk mendapatkan kandidat terbaik yang mumpuni dibidangnya. Saat ini teknologi juga berkembang sangat pesat, sehingga dibutuhkan tenaga-tenaga terampil yang memiliki keahlian tinggi dalam bidang ini.

Tidak heran apabila perusahaan sangat mengincar karyawan di bidang teknologi. Bahkan perusahaan non teknologi pun tetap membutuhkan karyawan di bidang ini. Studi baru menemukan bahwa gaji rata-rata global untuk para pekerja dalam bidang teknologi seperti software engineer, desainer, manajemen produk, hingga analisis data mencapai $135K pada tahun 2017.

Sebagai perbandingan, pendapatan rata-rata pekerja yang memiliki gelar sarjana di Amerika Serikat pada tahun 2017 hanya $56.592. Bahkan mereka yang memiliki gelar profesional pendapatannya masih berada dibawah pekerja teknologi rata-rata, yaitu hanya $91.538. Nah, coba perhatikan beberapa penjelasan di bawah ini, Jobhuners.

Pekerjaan teknis belum tentu menghasilkan bayaran tinggi

Penelitian ini menemukan bahwa pekerja yang ahli dalam bidang perangkat lunak dan analisis data sering dianggap sebagai pekerjaan yang memiliki gaji tertinggi. Kenyataannya pekerjaan ini berada pada tingkat kedua di bawah manajer produk. Gaji manajer produk berkisar $145K. Memiliki selisih $10K dibanding pekerja pada bidang teknologi. Gaji pekerja rekayasa perangkat lunak dan analisis data rata-rata mendapatkan $137 ribu pada tahun 2017 dan 6% lebih kecil dari pada gaji para manajer produk rata-rata. Kedua pekerjaan ini mengalami penurunan selama dua tahun terakhir dibandingkan dengan pekerjaan manajer produk. Gaji pekerja rekayasa lunak hanya mengalami kenaikan sebesar $6K pada tahun 2016 ke 2017.

Gaji desainer tumbuh, tetapi masih mengejar pekerjaan teknis

Penelitian ini menemukan bahwa gaji desainer pada tahun 2017 menjadi $127K, terdapat selisih $10K jika dibandingkan dengan software engineers dan analisis data. Tetapi, pada tahun 2015 dan 2016 menjadi stabil sebesar $118K dengan rata-rata pertumbuhan hampir 8% pada tahun 2016 dan 2017. Faktanya, gaji desainer bertumbuh lebih cepat pada tahun 2017 dibanding dengan pekerja teknis lainnya. Jika tren pertumbuhan ini terus meningkat, maka desainer bisa mendapatkan penghasilan seperti rekan-rekan pekerja teknis lainnya. Ini juga merupakan prospek yang menjanjikan bagi para desainer diseluruh dunia.

Software engineers tetap menjadi permintaan tertinggi

Walaupun bukan menjadi tingkat paling atas, software engineer merupakan kandidat yang paling banyak dicari dan diminati di dalam perusahaan teknologi. Bahkan, jika diperingkatkan dengan posisi yang paling banyak diminta dan diminat oleh perusahaan, peran software engineer masuk kedalam poisis 5 teratas. Maka dengan data di atas,  lima keterampilan teknologi yang dibutuhkan antara lain ahli dalam JavaScript, Java, Python, HTML dan CSS. Terlepas dari banyaknya bahasa pemrograman di luar sana, data ini menunjukkan bahwa perusahaan masih memegang standar lama ketika mengevaluasi karyawan yang berpotensial.

Jangan mengganti karier secara tiba-tiba

Kalau kamu merupakan seorang pekerja teknologi yang mempunyai gaji relatif rendah, kamu tidak harus mengubah pekerjaanmu yang sekarang. Gaji hanyalah satu faktor dalam kepuasan kerja, jangan terpengaruh dengan gaji yang lebih tinggi jika kamu sudah puas dengan pekerjaanmu sekarang.

Di satu sisi, jika kamu termasuk fresh graduated atau baru masuk ke dunia kerja, potensi gaji ditambah dengan keterampilan atau bakat yang sesuai dengan permintaan perusahaan dapat membantu kamu untuk menentukan jalur karier mana yang terbaik berdasarkan tujuan kamu. Jadi gimana, Jobhuners? Tertarik untuk bekerja dalam bidang teknologi?

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *