Pasang Loker

Ini 5 Aktivitas yang Bisa Menambah Profit Bagi Karyawan

Rumor di luar sana membuat kita beranggapaan bahwa selama menjadi karyawan, ruang lingkup dan aktivitas kamu akan dibatasi. Lalu ujung-ujungnya, kamu akan merasa rugi materi dan waktu. Bagaimana, kamu setuju nggak sih Jobhuners tentang pendapat ini? Well, terlepas dari benar atau tidaknya rumor tersebut, kamu bisa melakukan aktivitas-aktivitas berikut ini lho untuk menambah profit kamu saat menjadi karyawan. Apa aja sih? Yuk, simak.

Menulis

is2

Lowongan penulis freelance yang saat ini mudah ditemukan di berbagai website pencari kerja menjadi salah satu peluang menggiurkan buat kamu yang mengaku hobi menulis. Menjadi penulis pun dijamin nggak ada ruginya deh. Kamu bisa menyalurkan ide-ide luar biasa kamu dengan baik. Ditambah lagi, penghasilan penulis cukup lumayan untuk menambah pendapatan. Rasanya rugi banget buat dilewatin gitu aja. Apalagi saat ini sedang booming startup yang membutuhkan content writer.

Mengikuti seminar dan workshop

is3

Banyak banget seminar dan workshop yang bisa diikuti oleh karyawan. Baik yang diadakan oleh perusahaan luar maupun perusahaan di mana kamu bekerja. Tentu aja semuanya bisa kamu ikuti. Tidak melulu soal pengembangan karir saja, namun kamu juga perlu mengembangkan passion juga. Lalu bagaimana caranya? Salah satunya dengan mengikuti seminar, workshop, atau berbagai kelas sesuai passion kamu tersebut. Selain bisa menambah skill, kamu juga bisa menambah networking. Profit tidak melulu tentang uang lho, tapi bisa juga berupa kemampuan maupun relasi.

Melakukan jual beli properti

is4

Untuk para karyawan yang berjiwa entrepreneur, kamu bisa melakukan aktivitas yang satu ini. Mengapa? Harga properti di kota-kota besar yang makin hari makin mahal bisa menjadi peluang kamu sebagai karyawan untuk memutar keuangan. Kamu bisa membeli satu atau dua properti, kemudian menjualnya. Kalau sudah untung, jangan lupa traktir teman kamu ya Jobhuners!

Mengambil side­ job

is5

Menjalani pekerjaan sampingan atau yang bisa disebut sebagai side job oleh banyak orang sudah dianggap sebagai hal yang lumrah. Pilihan pekerjaannya juga beragam, mulai dari membangun toko online, menjadi desainer, menjadi penulis lepas, mengajar, dan lain sebagainya. Aktivitas yang satu ini tentu saja bisa membuat kamu menjadi lebih untung karena pekerjaan-pekerjaan tersebut menghasilkan.

Menjadi guru privat

is6

Kalau kamu merasa jago dalam matematika, jago musik, jago berbahasa Inggris, atau jago dalam olahraga tertentu, kamu bisa menjadi guru privat juga. Manfaatin weekend kamu untuk menambah rupiah. Kamu bisa memulai hal ini dari teman sekantor atau teman bermain kamu. Enaknya lagi, kamu bisa membuka les privat di rumah, atau kamu yang datang ke rumah muridmu. Tinggal sesuaikan saja lah pokoknya.

Dengan pemikiran kreatif, banyak sekali hal yang sebenarnya bisa kamu lakukan selama menjadi karyawan. Apalagi kalau aktivitas itu bisa mendatangkan profit, pasti bisa menjadi nilai tambah buat kamu. Bagaimana, sudah siap menghasilkan profit saat menjadi karyawan? Selamat bekerja, Jobhuners!

(Artikel ini ditulis oleh Elzha Odie)

is7

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *