Pasang Loker

5 Rekomendasi Film Tontonan Wajib Para Worker

Ketika akhir pekan sudah tiba, hiburan apa nih yang sering kamu pilih, Jobhuners? Mungkin menonton film bisa menjadi salah satu rekomendasi aktivitas santai yang cukup menghibur lho. Apalagi setelah hampir satu minggu kamu selalu berkutat dengan sejagat pekerjaanmu, rasanya otak dan kepala memiliki hak yang sama untuk mendapatkan porsi istirahat setara yang diterima oleh badanmu. Sehingga dengan bersantai sambil menonton film, mungkin akan menjadi perpaduan yang pas untuk menikmati hari minggu.

1

Namun sesekali ada baiknya jika kamu menonton film yang tak hanya sebatas menghibur saja, tetapi juga bisa menumbuhkan motivasi untuk memperkuat semangat bekerja. Menjadi seorang active worker atau seorang young entrepreneur tantangannya memang cukup berat dan tidak mudah. Banyak masalah, rintangan, bahkan lawan yang akan dihadapi. Dari problematika pekerja yang banyak terjadi, akhirnya kisah-kisah ini banyak diadopsi untuk menjadi ide utama dalam pembuatan film. Saat ini dunia perfilman memang tak hanya menyuguhkan tontonan yang menghibur saja, tetapi juga bisa memberikan berbagai pesan moral yang implisit didalamnya. So, berikut ini merupakan 5 rekomendasi film yang menceritakan tentang dinamika pekerjaan dalam keseharian.

The Social Network

2

Film rilisan Columbia pictures pada tahun 2010 ini merupakan film drama Amerika yang disutradarai oleh David Fincher. The Social Network ditulis oleh Aaron Sorkin, namun sebenarnya diadaptasi dari buku karya Ben Mezrich berjudul The Accidental Billionaires. Mengisahkan tentang pendirian situs jejaring sosial Facebook oleh Mark Zuckerberg. Kini Facebook menjadi situs jejaring sosial yang banyak digemari orang di seluruh penjuru dunia. Film ini diperankan oleh Jesse Eisenberg sebagai Mark Zuckerberg (pendiri Facebook), Rooney Mara (Erica Albright), Justin Timberlake (Sean Parker/pendiri Napster), dan Andrew Garfield sebagai Eduardo Saverin. Film ini merupakan kisah flashback kehidupan Mark di tahun 2003, dimana ia harus menghadapi perpisahan dengan sang kekasih Erica, hingga ia pun melampiaskan kemarahannya dengan membuah sebuah situs bernama facemash.com. Awalnya, Mark dibenci oleh seluruh mahasisiwi serta mendapatkan ancaman dari pacar mereka karena situs ini. Namun di sisi lain, hal ini malah menarik perhatian Harvard University, Mark terus mengembangkan karyanya ke dalam situs yang ia namakan ‘thefacebook’ yang juga merupakan cikal bakal Facebook.

The Intern

3

Film yang muncul pada tahun 2015 ini diperankan oleh aktor senior Robert De Niro dan aktris muda berbakat Anne Hathaway, Bercerita tentang Ben Whittaker, pria berusia 70 tahun yang baru saja ditinggal meninggal sang istri dan menyadari bahwa dirinya tidak bisa berdiam diri setelah ia pensiun dari pekerjaannya. Tanpa sengaja, ia melihat satu kesempatan untuk membuatnya kembali ke dunia kerja. Ben mendaftar menjadi salah satu pegawai senior magang di sebuah situs perusahaan fashion online yang didirikan dan dijalankan oleh Jules Ostin. Ben harus menghadapi sekaligus beradaptasi dengan lingkungan kerja baru yang sangat berbeda dengan lingkungan kerjanya dahulu. Dinamika startup company dirasakannya sangat berbeda dengan perusahaan tempatnya bekerja dahulu. Film ini juga bercerita tentang bagaimana Jules sebagai seorang wanita karier harus berjuang untuk tetap menyeimbangkan kehidupan pribadinya dan kehidupan kantornya.

Office Space

4

Salah satu film bergenre drama komedi yang disutradarai oleh Mike Judge. Diperankan oleh Ron Livingstone sebagai Peter, Gary Cole sebagai Lumbergh, dan David Herman sebagai Michael Bolton. Film ini menceritakan bahwa setiap orang pastinya ingin memiliki pekerjaan impian dengan gaji yang besar. Namun, pekerjaan dengan gaji yang besar menjadi tidak lagi berarti apabila kita merasa menderita dan bosan dengan pekerjaan itu. Begitu juga dengan kehidupan seorang Peter yang mengalami penderitaan dan kebosanan dengan pekerjaannya di bidang soft computer. Belum lagi bosnya, Lumberg semakin membuat dunia Peter menderita karena ulahnya yang menyebalkan. Untungnya ia memilki teman yang senasib bernama Michael Bolton yang memiliki hubungan darah dengan salah satu penyanyi terkenal Michael Bolton. Namun ia tidak menyukai penyanyi tersebut. Perasaan kesalnya ini semakin memuncak ketika tunangannya ingin menyudahi hubungan dengannya. Akhirnya, Peter memutuskan untuk pergi ke psikolog dan melakukan hal-hal yang belum pernah ia lakukan sebelumnya. Menariknya, film ini dikemas secara jenaka, sehingga bisa akan mengundang tawa penonton.

The Hudsucker Proxy

5

Film kelima Coen Brothers yang dirilis pada tahun 1994 ini bergenre drama komedi, dengan mengakat tema tentang korporasi dengan segala kegilaannya. Tokoh utama dalam film ini ialah Norville Barnes, seorang karyawan naif rendahan yang secara tiba-tiba diangkat menjadi seorang direktur utama dari Hudsucker Industry, sebuah korporasi besar. Barnes harus menggantikan posisi direktur utama perusahaannya yang baru saja bunuh diri melompat dari lantai 44 kantornya. Sosoknya dipilih karena para pemegang saham menganggap kebodohannya pasti akan menghancurkan nilai saham perusahaan dengan segera, sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan pribadi mereka. Terpilih menjadi seorang direktur utama, Barnes akhirnya memiliki satu cara untuk mewujudkan mimpi yang selama ini dimilikinya. Di kemudian hari, ia pun sukses mengangkat Hudsucker Industries. Film ini sepertinya cocok bagi Anda yang merasa bahwa Anda hanyalah seorang underdog. Kemudian membutuhkan pencerahan bahwa seorang underdog juga bisa menjadi pahlawan.

The Pursuit Of Happiness

6

Film ini berasal dari kisah nyata seseorang bernama Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith pada tahun 2006. Banyak penonton yang termotivasi setelah menonton perjuangan “mati-matian” seorang Chris dan anaknya dalam mencapai mimpi mereka. Meskipun Chris dan anaknya tidak memiliki rumah dan terpaksa hidup di jalan, Chris tidak pernah menyerah pada mimpinya. Pengorbanan dan semangat Chris yang patut diacungi jempol menjadi alasan mengapa film ini bisa berhasil menjadi salah satu film yang memotivasi dan juga mengharukan banyak penontonnya.

Nah, dari ke lima judul film tersebut, mana film yang berhasil mewakili kisah perjalanan kariermu, Jobhuners? Tetapi satu yang pasti, budayakan mengambil pelajaran dari setiap tontonan yang disuguhkan. Dan jangan pernah menilai buruk kehidupan hanya dari tampak luarnya saja tanpa mengetahui seberapa besar perjuangan didalamnya.

(Artikel ini ditulis oleh Azizah Nuraini)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun