Pasang Loker

6 Soft Skill yang Wajib Kamu Kuasai Agar Menjadi Nilai Plus

20_JULI_2017

Jadi sosok incara1n dari perusahaan impian? Bukan tidak mungkin lho karena sebenarnya semua orang pasti bisa mendapatkannya. Asalkan kamu tidak hanya mengandalkan keahlian yang benar-benar expertise dan passionate saja. Kamu juga harus memerhatikan keahlian lain, salah satunya soft skill yang dimiliki. Saat ini memang banyak perusahaan mencari calon karyawan yang tidak hanya cerdas dalam pemikiran saja, namun juga cakap dalam setiap keterampilan. And this is some information about soft skill that you can try, Jobhuners.

1. Public speaking

Kalau hanya ngomong tentu semua orang pasti bisa ngomong, tapi kalau berbicara di depan umum nyatanya semua orang belum tentu bisa lho. Apa sih penyebabnya? Banyak faktor yang menyebabkan hal ini, seperti ada rasa gugup, takut salah, atau bahkan malu juga bisa jadi salah satu penyebanya. Tetapi semua ini bisa ditanggulangi dengan banyak belajar dan mencoba berbicara tanpa takut salah. Dengan begitu kamu sudah bisa melawan rasa takutmu yang berlebihan. Sehingga rasa PD itu juga bisa muncul dengan sendirinya karena kamu sudah merasa bisa dan terbiasa.

2. People and time management

Ternyata jadi sesorang yang rapi itu berguna sekali. Hal ini akan mencerminkan sosok pribadi yang taktis dan perfectioni. Hal ini bias terlihat dari kecakapan kamu dalam memanage waktu, sehingga apapun deadline yang diberikan pasti akan tepat sasaran dan sesuai dengan waktu yang sudah ditetentukan. Tak hanya itu saja, mungkin kamu juga perlu memanage dirimu supaya dapat bersosialisasi dan berkomunikasi sesuai dengan porsi, posisi, dan tingkatannya.

3. Problem solving

Kamu bisa menjadi sesorang yang bisa diandalkan, terlebih untuk memecahkan masalah yang dianggap susah. Cukup dengan banyak belajar pada seseorang yang jauh lebih berpengalaman dan peka terhadap sekitar, tentu kamu bisa membuat pola pikir yang konstruktif. Masalah apapun pastilah bisa kamu selesaikan tanpa harus menimbulkan perselisihan.

4. Creative Thinking

Jadi pekerja kreatif ternyata akan banyak membantu pekerjaanmu lho. Dengan memiliki skill ini, kamu dapat membuat situasi dan kondisi pekerjaanmu jauh dari rasa bosan dan jenuh. Tak hanya itu saja, dengan berpikir kreatif tentunya juga dapat mengasah kemampuan dan kecerdasan kamu dalam dunia kerja.

5. Under Pressure

Bisa bekerja dibawah tekanan ternyata juga bisa menjadi salah satu daya pikat agar kamu jadi incaran perusahaan. Dengan potensi ini, kamu akan dianggap sebagai seseorang yang potensial dalam menghadapi setiap tantangan yang diberikan oleh perusahaan.

6. Collaboration

Kemampuan untuk bersosialisasi dan bekerja secara team work akan membuat diri kamu sebagai seseorang yang humble, sehingga skill ini akan menunjang kemampuan kamu untuk bekerjasama dengan siapapun.

Nah dari sekian poin yang ada, mana sih karakter soft skill yang sudah kamu miliki? Ayo Jobhuners, buktikan kalau kamu pantas jadi karyawan incaran dari perusahaan impian.

 

(Artikel ini ditulis oleh Azizah Nuraini)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *