Pasang Loker

5 Startup Paling Sukses di Indonesia

Pada era teknologi seperti sekarang, bisnis startup memang mulai dilirik banyak orang. Dilansir dari Center for Human Genetic Research (CHGR) pada tahun 2016, bisnis startup di Indonesia saat ini mencapai angka dua ribu. Bahkan diperkirakan akan mencapai tiga belas ribu pada tahun 2020 mendatang. Hal ini lah yang membuat Indonesia menempati peringkat pertama di Asia Tenggara sebagai negara dengan binsis startup terbanyak. Berikut ini merupakan beberapa startup di Indonesia yang dapat dikategorikan sukses.

Artboard_11321ggd

Go-Jek

Go-Jek didirikan oleh Nadhim Makarim pada Tahun 2010. Bisnis startup dalam bidang transportasi berbasis online. memiliki valuasi sekitar Rp 39,98 triliun pada tahun 2017 setelah mendapat kucuran dana dari perusahaan teknologi asal China  “Tencent’.

Bukalapak

Bukalapak merupakan bisnis startup bidang e-Commerce yang memiliki jumlah transaksi hingga 10 triliun pada tahun 2016 dan pelapak yang mencapai 1,3 juta. Bukalpak didirikan oleh Achmad Zacky pada tahun 2010.

Kaskus

Kaskus didirikan pada 6 November 1999 oleh tiga pemuda, yaitu Andre Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan. Bisnis startup pada bidang situs forum dan portal web ini memiliki 6 juta pengguna dan saat ini tengah dikelola PT. Darta Media Indonesia.

Tokopedia

William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edision mendirikan Tokopedia pada 17 Agustus 2009. Tokopedia merupakan bisnis startup pada bidang e-Commerce yang mencatatkan komitmen investasi senilai 1,1 milliar dollar AS atau sekitar Rp14,7 Triliun  dengan perusahaan China  “Alibaba”. Pada tahun 2016 tercatat transaksi per bulan di Tokopedia mencapai Rp 1 triliun.

Traveloka

Traveloka didirikan pada tahun 2012 oleh Ferry Unardi, Derianto kusuma, dan Albert.  Bisnis startup yang bergerak pada bidang pemesanan tiket dan hotel daring ini telah mendapat kucuran dana  sebesar 350 juta dollar Amerika Serikat oleh Expedia pada tahun 2017.

Itu tadi beberapa startup di Indonesia yang dapat dikatakan sukses. Setelah membaca daftar bisnis startup dari indonesia, Jobhuners tertarik nggak nih untuk berkarir membangun bisnis startup?

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *