Pasang Loker

6 Alasan Mengapa Kamu Perlu Menghadiri Job Fair

Akhirnya lulus kuliah dengan gelar sarjana di tangan, namun sayangnya kamu masih menganggur karena belum memperoleh pekerjaan. Bukan hanya bagi para fresh graduate, kamu yang baru saja berhenti dari pekerjaan lama juga harus mendapatkan predikat pengangguran karena tidak lagi bekerja. Ini adalah waktunya mencari peluang dari mana saja demi mendapatkan pekerjaan. Bukan hanya sibuk mengirim lamaran ke berbagai perusahaan, ada baiknya kamu juga mencoba peruntungan dengan datang ke bursa kerja atau job fair.

1

BPS (Badan Pusat Statistik) mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka pada Februari 2018 menurun 140.000 orang atau 0,20% dibandingkan periode yang sama di tahun 2017. Meski demikian, angka pengangguran di Indonesia masih terbilang tinggi. Sebagai pencari kerja, tentu kamu tidak akan melewatkan kesempatan emas untuk menghadiri job fair karena alasan-alasan berikut ini.

Dapat bertatap muka langsung

Tanpa perlu dihantui ketidakpastian, kamu bisa bertemu langsung dengan para wakil perusahaan di job fair. Kamu pun tidak perlu menunggu lama untuk sebuah balasan dari perusahaan nantinya.

Menambah koneksi

Tidak perlu dipertanyakan lagi, kamu akan bertemu banyak orang di job fair. Tentu ini adalah momen yang menguntungkan untuk menambah koneksi atau networking. Selain teman baru, kamu juga bisa dengan mudah memperoleh info kontak orang-orang penting di perusahaan.

Pengalaman wawancara

Beberapa perusahaan akan melakukan wawancara lansung saat di job fair. Ini adalah kesempatan bagus untuk melatih kemampuan berkomunikasi dan memperoleh pengalaman wawancara seperti yang sudah kamu persiapkan sebelumnya.

Latihan promosi diri

Bukan hanya menyerahkan CV dan surat lamaran, kamu juga berkesempatan untuk latihan mempromosikan diri sendiri di hadapan para wakil perusahaan. Mengungkapkan kemampuan dan pengalaman dengan baik merupakan peluang emas supaya kamu bisa memikat perusahaan.

Banyak pilihan perusahaan

Job fair adalah tempat bertemunya para pencari kerja dan perusahaan. Di sini, kamu bisa memilih sendiri perusahaan mana saja yang akan menjadi prioritas dan langsung memperoleh informasi mengenai mereka. Akhirnya, kamu pun bisa membandingkan perusahaan satu dengan lainnya.

Mengenal persaingan

Lebih dari sekadar bertemu para wakil perusahaan impian, kamu juga akan bertemu dengan para kompetitor atau saingan secara langsung. Dari sini, kamu bisa mengetahui seperti apa para sainganmu itu dan mempersiapkan diri lebih matang untuk berkompetisi dengan mereka.

Nah, itu tadi enam alasan mengapa kamu perlu menghadiri job fair. Selain bertujuan untuk memperoleh pekerjaan, kamu juga bisa menambah pengalaman untuk mengetahui lebih luas mengenai kehidupan pekerjaan. Sebagian orang bahkan menemukan bidang karier yang cocok dengan menghadiri job fair. Jadi, masih ragu datang ke job fair nih? Oh ya, pada bulan September nanti, Jobhun akan menggelar sebuah job fair bertajuk “Jobhun Fair 2018” nih. Persiapkan dirimu sebaik mungkin sejak sekarang ya, Jobhuners!

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun