Pasang Loker

6 Kebiasaan yang Dapat Membantu Melatih Konsentrasi

Seringkali kita memiliki banyak agenda untuk dikerjakan. Tak jarang, sebelum menyelesaikan satu pekerjaan, kita justru beralih ke pekerjaan lainnya. Bukan hanya itu, di era digital, godaan internet juga membuat kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi atau fokus pada satu hal. Alih-alih lancar, semuanya malah semakin berantakan. Namun, ternyata kemampuan untuk memfokuskan pikiran merupakan keterampilan yang bisa didapat dengan cara dilatih lho. Bagaimana sih caranya?

 

2

 

Membuat to-do list dengan prioritas yang tepat

Apakah kamu perlu menyelesaikan 20 pekerjaan sekaligus? Tentu tidak. Kamu hanya perlu menulis apa saja yang memang penting untuk dikerjakan dan diselesaikan. Urutkan serta sesuaikan dengan prioritasmu, lalu tambahakan batas waktu untuk menyelesaikannya.

 

3

 

Meminimalisir gangguan

Mulai dengan mute notifikasi smartphone supaya kamu tidak mudah terganggu saat mengerjakan sesuatu yang penting. Mendengarkan musik juga dipercaya mampu meredam suara-suara lain, bahkan meningkatkan konsentrasi juga

 

4

.

Lebih banyak istirahat

Setelah bekerja sekian lama, otak juga perlu istirahat. Kamu perlu membiarkan otakmu rehat selama 5 menit setiap 60 menit. Makan camilan atau bahkan tidur sejenak juga bisa menyegarkan otak agar kembali fokus.

 

5

 

Hentikan multi-tasking

Mengerjakan 10 pekerjaan sekaligus malah akan membuat pekerjaan semakin buyar. Gunakan cara yang lebih efektif dan efisien dengan mengerjakan satu pekerjaan sampai selesai, lalu berlanjut ke pekerjaan lainnya.

 

6

 

Berolahraga

Badan yang lemas dan lesu malah bisa membuatmu susah untuk fokus. Itu mengapa menjaga metabolisme serta melancarkan aliran darah ke otak malah bisa membuat kamu menjadi lebih mudah berkonsentrasi nantinya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu minum air putih secara teratur.

 

7

 

Bermeditasi

Lakukan meditasi, terutama di pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Meditasi dapat membantu kamu untuk lebih berkonsentrasi dan meningkatkan kemampuan memori.

Nah, sekarang kamu bisa mencoba hal-hal diatas untuk melatih daya konsentrasi kamu. Biasanya, apa saja yang akan kamu lakukan untuk tetap fokus nih, Jobhunners?

 

(Artikel ditulis oleh Cindy Faradhila)

 

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *