Pasang Loker

6 Kesalahan Sepele dalam Manajemen Waktu

Pernahkah kamu merasa kekurangan waktu setelah seharian berusaha menyelesaikan semua pekerjaan? Bisa jadi ini karena kamu melakukan kesalahan sepele dalam manajemen waktu. Pada dasarnya, manajemen waktu memang sangat penting. Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan tingkat produktivitas serta menurunkan level stres kamu lho, Jobhuners!

oi2

Meski banyak yang beranggapan bahwa manajemen waktu itu mudah, nyatanya banyak yang masih belum melakukan hal satu ini dengan cukup baik. Bukannya produktif dan efektif, kamu malah kelabakan sendiri karena banyaknya pekerjaan yang belum terselesaikan sesuai deadline dari atasan. Nah, coba kenali kesalahan-kesalahan sepele ini agar manajemen waktumu bisa berjalan lebih baik daripada sebelumnya.

Terlalu banyak kegiatan

Menulis to-do list mungkin bisa membantumu untuk selalu tahu apa saja jadwal yang ingin kamu lakukan. Tapi jangan pernah berlebihan dengan menuliskan banyak kegiatan yang justru akan berakhir tidak sesuai ekspektasi. Coba pilih kegiatan yang menurutmu penting dan berusahalah fokus untuk menyelesaikannya.

Malas bangun lebih awal

Tahukah kamu kalau banyak orang hebat yang memulai aktivitas mereka sejak pagi hari? Mereka biasanya memanfaatkan waktu untuk menyusun dan merencanakan hari mereka agar berjalan baik. Kamu juga bisa mulai dengan olahraga pagi yang akan membantu metabolisme tubuh agar bisa fit menyelesaikan pekerjaan. Jadi, jangan malas untuk bangun lebih awal ya.

Tidak menuliskan target

Dalam manajemen waktu, kamu pun perlu rencana yang tepat agar semua berjalan efektif. Salah satunya dengan selalu menentukan target. Pukul berapa kamu harus menyelesaikan pekerjaan ini, kemudian kapan kamu bisa memulai mengerjakan pekerjaan lainnya, tentu semua harus ditargetkan. Beri deadline yang sesuai serta berusahalah untuk disiplin dengan komitmenmu untuk menyelesaikannya.

Sulit menolak gangguan

Godaan media sosial atau ajakan untuk mengobrol dengan rekan kerja memang sulit untuk dihindari. Tapi kamu harus ingat, sulit meolak gangguan akan merusak jadwal yang sudah kamu rencakan sebelumnya. Bukannya selesai sesuai deadline, kamu justru akan terjebak dengan deretan pekerjaan yang kian menumpuk. Jangan ragu untuk berkata ‘tidak’ pada setiap gangguan yang menghambat pekerjaanmu.

Bekerja secara multitasking

Saat pekerjaan satu belum selesai, kamu sudah memulai pekerjaan lainnya. Multitasking tidak pernah bisa membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan efektif. Lebih baik kamu menyusun prioritas sehingga tahu manakah yang harus diselesaikan terlebih dahulu. Selanjutnya, barulah memulai pekerjaan baru lainnya agar lebih efektif.

Tidak memberi jeda

Pekerjaan yang menumpuk dan harus diselesaikan akan membuatmu sibuk sekali. Tapi jangan sampai lupa untuk memberi jeda agar manajemen waktumu berjalan efektif ya. Memberi jeda ini penting karena kamu bukan robot yang harus bekerja 24 jam non stop. Ambil jeda lima hingga sepuluh menit sebelum memulai pekerjaan baru untuk menyegarkan otak dan melemaskan otot agar mengerjakan apapun semakin lancar.

Bagaimana nih, Jobhuners? Jika kamu tidak asing dengan kesalahan-kesalahan di atas, jangan lupa untuk memperbaiki diri ya. Salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas adalah belajar dari kesalahan. Jika sebelumnya kamu belum bisa lepas dari kesalahan-kesalahan sepele dalam manajemen waktu, maka coba perbaiki lagi sehingga produktivitasmu pun meningkat. Bukan hanya pekerjaan yang bisa terselesaikan, tingkat stres dijamin akan menurun.

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun