Pasang Loker

8 Langkah Agar Akun LinkedIn Milikmu Dilirik Perusahaan

Jobhuners, apakah kamu sudah mengetahui aplikasi LinkedIn? LinkedIn merupakan salah satu media sosial yang hampir mirip seperti Facebook, namun LinkedIn ini hanya diisi oleh para pekerja profesional maupun calon pekerja yang ingin mencari kerja, mempromosikan diri agar direkrut oleh sebuah perusahaan, atau sekadar berbagi pengalaman profesional di dunia kerja. Nah, agar profil LinkedIn-mu mampu menarik dan berhasil dilirik perusahaan, ada beberapa trik yang harus kamu lakukan nih Jobhuners!

Mengisi dan melengkapi profil secara detail

Melengkapi profil merupakan hal paling utama yang perlu kamu lakukan agar perusahaan dapat melihat profil dan perjalanan kariermu. Dimulai dari riwayat pendidikan, daftar keahlian apa saja yang kamu miliki, hingga pengalaman kerja atau organisasi. Jika ingin menunjukkan keahlian, kamu bisa menyertakan link hasil dari keahlianmu ke dalam profil LinkedIn. Hal ini dapat meningkatkan impression pada perusahaan saat melihat profil milikmu.

Mematikan fitur “Bagikan perubahan profil”

Ketika membuat sebuah pembaruan di dalam profil kamu, contohnya menambahkan skill baru yang sudah dipelajari, maka yang harus kamu lakukan sebelummya ialah mematikan fitur “Bagikan perubahan profil”. Mengapa hal ini perlu dilakukan? Tenu agar tidak menggangu orang-orang yang terhubung dengan kamu. Fitur ini dapat kamu temukan dalam Pengaturan dan Privasi, kemudian pilih tab Privasi, kamu akan menemukan bagian “Bagaimana Orang Lain Melihat Aktivitas LinkedIn Anda”, klik ubah dan geser tombol menjadi tidak. Maka perubahan akan disimpan secara otomatis.

Jangan lupa melakukan koreksi, jangan sampai typo.

Hal ini mungkin sepele, namun bisa berdampak besar jika terdapat typo dalam profilmu. Kesalahan kecil ini dapat menurunkan kepercayaan seseorang atau perusahaan yang akan merekrut kamu. Maka, koreksi kembali apa yang kamu tulis, termasuk ejaan atau tata bahasanya.

Memasang foto profil yang terlihat profesional dan paling menarik

Pasang foto terbaru milikmu yang terlihat menarik dan menujukkan wajahmu dengan jelas. Karena foto profil ini akan memberikan first impression pada perusahaan. Tidak harus yang terlalu formal seperti memakai jas. Namun jangan menggunakan foto selfie atau yang terkesan sangat santai.

Menyesuaikan URL profil Linkedin

Untuk mempermudah membagikan profil LinkedIn kamu melalui link, kamu perlu mengubah url profil Linkedin milikmu yang awalnya berisi huruf dan angka menjadi namamu yang disingkat.

Meminta rekomendasi keahlian

Untuk fitur ini, kamu bisa meminta rekomendasi dari koneksi LinkedIn yang kamu miliki. Untuk mempermudah, mulailah dengan merekomendasi temen-teman terdekatmu terlebih dahulu yang pernah bekerja denganmu.

Aktif di dalam grup LinkedIn dan perbanyak koneksi

Carilah grup dalam LinkedIn agar kamu bisa belajar dari para master yang sudah berpengalaman, sekaligus bisa menambah koneksi serta kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru semakin luas. Jangan lupa juga untuk saling berbagi informasi di dalam grup yang berguna bagi orang lain.

Jangan lupa untuk melakukan preview pada profilmu

Bagian terakhir setelah kamu mengedit profil LinkedIn, jangan lupa untuk mengklik tombol preview untuk melihat apakah semua sudah terlihat sempurna.

Nah, gimana Jobhuners? Yuk, buruan edit profile LinkedIn milikmu agar semakin dilirik oleh perusahaan yang kamu inginkan.

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *