Pasang Loker

Alasan Mengapa Kerja di Surabaya Lebih Enak Ketimbang di Jakarta

artikel_15_juli-page-002

 

Sempat kepikiran untuk merantau ke kota orang? Mengadu nasib dengan jutaan pesaing di ibukota? Nggak salah memang, tapi alangkah baiknya jika kamu pikirkan matang-matang sebelum benar-benar terjun di medan persaingan. Karena faktanya sudah sejak lama bahkan hingga sekarang ibukota dijadikan tujuan dan incaran banyak orang sebagai ladang yang menguntungkan. And now we’ve the fun facts about Jakarta yang dapat kamu jadikan pertimbangan nantinya. Let’s find out.

 

artikel_15_juli-page-003

 

artikel_15_juli-page-004

 

Yang utama dan paling terkenal pastinya “Jakarta biang macet”

Semakin banyak perantaunya, semakin banyak kendaraanya, maka semakin sempit pula ruang gerak jalannya. Surabaya juga macet sih, tapi semacet-macetnya Surabaya nggak separah ibukota pastinya.

 

artikel_15_juli-page-005

 

Yang kedua dan tak kalah terkenalnya juga “Jakarta langganan banjir”

Ternyata di ibukota warganya kurang peduli lingkungan. Karena hampir setiap hujan turun pasti banjir masih melanda di lingkungan sekitarnya. Surabaya juga sering banjir sih, tapi warganya masih punya rasa kepedulian yang tinggi. Sehingga banjir disurabaya tak pernah separah di Jakarta.

 

artikel_15_juli-page-006

 

Ketiga, katanya biaya hidup di “Jakarta mahal luar biasa”

Sebuah perjuangan yang harus dirupiahkan sebagai bentuk modal yang harganya lumayan jug. Apalagi yang dipikirkan bukan hanya biaya makan saja, tapi tagihan kost-an juga. Nah, otomatis semahal-mahalnya hidup di Surabaya kamu cuma butuhkan biaya makan saja karena sudah ada tempat tinggal.

 

artikel_15_juli-page-007

 

Keempat, kenyataan kalau di “Jakarta rawan dan bahaya”

Rawan curanmor, rawan copet, rawan maling, dan rawan tindakan asusila. Berbagai hal rawan ini bukan tidak mungkin terjadi di ibukota lho. Malah kenyataanya banyak tindak kriminalitas yang terjadi karena berbagai latar belakang. Contohnya saja jika lapangan kerja semakin sempit, namun tenaga kerja semakin banyak, maka otomatis banyak orang yang terpaksa melakukan tindak kriminal sebagai jalan pintas kesuksesan.

 

artikel_15_juli-page-008

 

Yang kelima dan tak kalah pentingnya orang “Jakarta lebih individualis dan kurang ramah”

Mungkin karena faktor persaingan yang semakin lama semakin ketat, maka wajar saja apabila sebagian besar karakter orangnya lebih individualis. Dan jangan kaget apabila kamu bertanya tetapi jawabannya kurang mengenakkan. Karena seramah-ramahnya orang Jakarta masih lebih ramah orang Surabaya lho.

 

So, how do you think Jobhunners? Masih kepikiran untuk berpaling dari kota pahlawan? Tetap pikirkan dan rancangkan matang-matang ya agar nantinya kamu tak menyesal.

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun