Pasang Loker

Ayo Kenali Apa Itu TKA!

a

 

Tahukah kamu kalau jumlah TKA yang berada di Indonesia hingga November 2016 mencapai 74.183 pekerja? Meskipun pencapaian tertinggi ada pada masa pemerintahan SBY, menurut data dari Direktorat Jenderal Penempatan dan Pembinaan Tenaga Kerja (Binapenta), presentase ini meningkat dari tahun 2015 sebanyak 7,5 %.

Sebenarnya, apa itu TKA?

TKA atau Tenaga Kerja Asing merupakan warga Negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah Indonesia. Diterapkannya MEA (Masyarakat Eknomoi ASEAN) awal 2016 lalu menjadi salah satu pemicu banyaknya tenaga kerja asing yang masuk ke Negara kita. Ditambah lagi dengan sistem bebas visa di 160 negara yang juga ikut menambah daftar para pekerja asing, termasuk pekerja asing illegal.

Dengan adanya kemudahan ini, tak jarang justru dimanfaatkan oknum tertentu untuk peluang kejahatan. Faktanya, SATGAS MABES POLRI telah mengamankan setidaknya 93 pelaku kejahatan siber internasional di Surabaya, yang merupakan WNA asal Cina.

Sementara itu, 70% sektor yang dipilih para TKA ini sendiri adalah sektor perdagangan dan jasa. Sisanya ada pada sektor industri serta pertanian. Cina merupakan Negara dengan TKA terbanyak di Indonesia, kemudian disusul Jepang, berikutnya Korea Selatan.

Lalu, apa saja syarat TKA agar bisa bekerja secara legal di Indonesia?

  1. TKA dilarang menjadi pekerja kasar
  2. TKA hanya boleh mengambil pekerjaan yang memerlukan keahlian (skilled job)
  3. Memiliki pendidikan sesuai dengan syarat jabatan, serta memiliki pengalaman selama 5 tahun sesuai dengan jabatan yang dimiliki
  4. TKA hanya dapat dipekerjakan dalam hubungan kerja untuk jabatan tertentu dalam waktu tertentu pula

Menurut Peraturan Menteri Ketenagakerjaan 16/2015, pemberi kerja yang mempekerjakan satu orang TKA harus dapat menyerap minimal 10 orang TKI.

 

b

 

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

 

 

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *