Pasang Loker

Beragam Karakter Teman Kantor yang Sering Dijumpai

Selain mendapatkan gaji sesuai, faktor apa sih yang turut membuatmu semakin betah bekerja di kantor? Ada beberapa karyawan mengatakan bahwa salah satu faktor yang memengaruhi kenyamanan saat bekerja ialah masalah rekan kerja. Rata-rata para karyawan mengatakan bahwa salah satu penyemangat bekerja ialah ketika memiliki partner yang tak hanya cakap dalam tim saja, namun juga menyenangkan saat diajak berkomunikasi. Sehingga tak hanya sevisi dalam pekerjaan saja, namun juga sehati mengenai keakraban.

story-1

Di dalam dunia kerja, adanya komunikasi, interaksi, dan sosialisasi antar karyawan yang berbeda karakter memang sangat dibutuhkan untuk membentuk tim solid, sehingga dapat mengembangkan keberhasilan perusahaan secara bersamaan. Pada dasarnya asas keberhasilan dapat diwujudkan dan dibiasakan mulai dari hal yang paling sederhana, seperti kekompakan dalam tim misalnya. Jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, pasti apapun rencana-rencana pengembangan perusahaan nantinya akan semakin mudah disatukan dan dijalankan. Bekerja nyatanya bukan hanya soal menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan job description yang diberikan saja, namun lebih dari itu. Selain bisa menambah networking, bekerja juga dapat meningkatkan profesionalitas kamu dalam berkomunikasi. Hal ini yang menjadi alasan mengapa bersosialisasi antar sesama rekan kerja memang penting. Namun kira-kira apa saja sih karakter rekan kerja yang paling sering dijumpai? Berikut Jobhun sudah merangkumnya. Yuk Simak!

Si ramah

Karakter satu ini yang paling disenangi. Tidak hanya oleh para karyawan lama, tapi juga oleh para karyawan baru. Mereka selalu bisa membawa dirinya untuk supel dan mudah bergaul dengan siapapun melalui cara mereka sendiri. Dan mereka selalu ingin membuat nyaman setiap orang yang mengenalnya.

Si penolong

Karakter teman yang selalu diharapkan ketika pekerjaan membutuhkan pertolongan. Terkadang tak disangka, golongan dari mereka justru hadir tiba-tiba untuk membantu menyelesaikan hambatan pekerjaan. Dengan skill yang dimiliki oleh karakter ini, ternyata banyak hal yang bisa ditangani oleh mereka. Jadi siapapun yang mengenalnya patut bersyukur atas kebaikan serta kemahirannya.

Si serius

Karakter orang paling flat diantara sekian banyak karakter lainnya. Jangan kaget kalau menemui orang yang berkarakter satu ini, pasti apapun pembahasannya tak jauh-jauh dari seputar masalah kerja. Asyik memang bisa membahas pekerjaan kapanpun dan dimapun. Tapi lama-kelaman juga akan terasa bosan karena mereka kurang bisa memposisikan dirinya pada bahasan santai di luar pekerjaan.

Si tukang carmuk

Karakter satu ini rata-rata paling dibenci. Mereka selalu bisa mencari celah untuk cari muka pada atasan. Sekalipun hasil kerjanya tak maksimal, tetapi golongan dari mereka ini paling ahli soal mengalihkan perhatian. Sehingga yang tampak pada atasan bukan lagi tentang kinerjanya, melainkan soal kecerdikannya menggiring pimpinan untuk mengetahui setiap personal karyawan lainnya.

Si muka dua

Tak berbeda jauh dengan si carmuk, karakter satu ini juga paling nyebelin diantara karakter teman lainnya. Mereka masuk dalam kategori teman yang patut diwaspadai karena bisa saja dihadapan kamu dia sangatlah baik tetapi dibelakang kamu justru sebaliknya. Jadi jangan pernah cari masalah apaplagi sampai bermusuhan dengan karekter orang yang seperti ini.

Si penengah

Karakter yang menyeimbangkan antara si carmuk, si muka dua, dengan si polos yang biasa jadi korbannya. Mereka memang banyak diamnya, tapi jangan salah dibalik diamnya ternyata mereka sangat memahami dan mengerti karakter masing-masih orang. Bahkan mengenai baik dan buruk disekitarnya.

Si humoris

Karakter yang doyan menghibur lingkungan sekitarnya. Mereka merupakan golongan  orang-orang yang mudah boring dengan suasana kerja monoton. Dan mereka selalu membuat sensasi menyenangkan dari berbagai tingah kocak juga lelucon ala mereka.

Nah, dari berbagai karater tersebut manakah yang sudah kamu temukan pada teman kerjamu, Jobhuners? Atau mungkin malah karaktermu sendiri. Satu yang pasti, apapun backgroud mereka dan bagaimanapun karakter mereka selalu cobalah untuk beradaptasi. Kemudian yakinkan dirimu bahwa setiap pribadi pastilah memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa saling melengkapi satu sama lain.

(Artikel ini ditulis oleh Azizah Nuraini)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *