Pasang Loker

Berencana Magang? Yuk Simak Apa Saja Suka Dukanya!

depositphotos_62239211-stock-illustration-businessman-character-working-with-laptop

Dengan menjalani magang, kamu jadi lebih tahu dan mengenal lingkungan kerja yang nyata. Tetapi dalam proses menjalaninya,  kamu juga akan ngerasain suka dukanya. Ini nih suka duka jadi anak magang yang perlu kamu tahu.

1. Mendapat pengalaman

Program magang bisa menjadi kesempatan emas, terutama bagi kamu yang memang belum pernah merasakan bagaimana kerja sesungguhnya. Dengan magang, kamu bisa merasakan sekaligus mengenali lingkungan kerja yang profesional.

2. Harus bisa membagi waktu

Kalau saat ini kamu merupakan seorang mahasiswa semester akhir dan wajib magang, pasti kamu akan merasakan hal ini. Kamu harus pintar-pintar membagi waktu antara mengerjakan skripsi, kuliah, dan magang. Meskipun banyak yang harus dilakukan, kamu tetap harus berusaha untuk selalu kompeten di setiap pekerjaan.

3. Dijadikan anak bawang

Karena posisimu adalah anak magang, tidak menutup kemungkinan karyawan tetap di perusahaan akan meremehkan kamu. Misalnya saja kamu akan diberi tugas tambahan kecil bagaikan anak bawang.

4. Berkenalan dengan teman baru

Saat berada di lingkungan baru, tentu kamu akan bertemu orang-orang baru pula. Nah, manfaatkan kesempatan ini untuk menambah teman dan relasi. Kamu juga bisa mendapat info-info penting mengenai perusahaan melalui teman-teman barumu nantinya.

5. Mempunyai banyak waktu senggang

Sebagai anak magang, ada kalanya kamu akan diam saja karena pekerjaanmu tidak seberat pegawai tetap. Jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya kamu menggunakan waktumu untuk berkreasi. Misalnya saja membuat catatan kecil mengenai hal apa saja yang udah kamu dapetkan selama magang.

6. Mendapatkan fee atau upah

Tidak jarang pekerjaan anak magang juga dibayar loh. Apalagi kalau kamu bersedia menerima pekerjaan tambahan. Bukan hanya mendapat ilmu baru saja, kamu juga bisa mendapat tambahan penghasilan.

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja suka duka jadi anak magang? So, siapin diri kamu mulai sekarang. Cari tempat dan posisi magang yang tepat dan sesuai dengan kemampuan kamu, Jobhuners! (Cindy)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *