Pasang Loker

Cara Masuk ke kumparan.com sebagai Remote Back End Engineer Ala Doni Rubiagatra

Dulu cara masuk ke kumparan.com bagaimana? Prosesnya apa saja?

Yang jelas pertama itu, aku dulu ada teman yang kerja di kumparan, terus disuruh kirim email ke temanku tadi. Jadi ada dua cara, lewat rekomendasi sama yang default. Disuruh ngirim motivation letter gitu. Step kedua, tes skill. Jadi tes skill ini yang membedakan perusahaan teknologi sama perusahaan konvensional saat ini. Apapun degree kamu, selama kamu bisa melalui tes ini, kamu bakal lolos. Jadi gelar itu membantu tapi nggak terlalu penting. Setelah keterima, bakal ada HR interview dulu. Kalau HR sudah oke, selanjutnya ada user interview. Maksudnya user di sini itu adalah yang berkepentingan menghadap talent. Aku kan back end engineer, nanti yang interview adalah back end engineer manajer-nya. Pertanyaan user interview ini biasanya seputar teknis.

Ada tips nggak Bagaimana apply di kumparan supaya keterima?

Cari rekomendasi. Keuntungan rekomendasi, mereka akan memprioritaskan rekomendasi. Jadi kirim lamaran ke dua email, di email default yang di joindev@kumparan.com (Untuk posisi selain developer bisa menggunakan join@kumparan.com), kemudian email per personal orang-orang di kumparan. Jadi jika ada orang kumparan menemukan orang berpotensi, mereka akan suruh orang berpotensi itu untuk kirim email ke mereka, bukan ke email default.

Terus saranku, kalau mengirimkan email lamaran itu jangan Cuma CV doang ya, paling nggak ada sepatah dua kata pembuka kayak nama saya siapa, apa yang pernah saya kerjakan, saya ingin melamar bagian apa. Kalau bisa di CV juga mencantumkan kamu pernah buat apa, kamu pernah berkomunitas di mana, itu akan jadi poin penting. Untuk tahap dari CV ke tes, itu yang harus diperhatikan. Selain itu, sebaiknya pada body email juga mencantumkan penjelasan kamu pernah mengerjakan proyek dengan language apa, misal sebutkan saja Golang, NodeJS, React, dan sebagainya. Sehingga bisa mempermudah recruiter untuk acknowledge dari proyek dan language yang pernah dikerjakan. Biasanya hal ini bisa membuat kesempatan untuk dipanggil menjadi lebih besar, apalagi jika Bahasa pemrograman yang dipakai cocok.

Untuk back end engineer sendiri, jobdesc-nya seperti apa ya?

Aku di kumparan membuat microservice untuk back end. Kalau di kumparan aplikasinya dipisah, ada front end sendiri, ada back end sendiri. Nah, aku membuat microservice-nya di back end. Khusus untuk back end engineer, sebenarnya harus paham bagaimana proses end-to-end aplikasi itu bekerja. Tidak hanya sekedar membuat aplikasi saja, tapi harus juga mengerti tentang server itu seperti apa, kemudian deployment dan monitoring itu bagaimana. Lalu kamu juga harus mengetahui tools yang digunakan untuk menjadi seorang back end engineer.

Kultur di kumparan ini bagaimana?

Kalau kultur yang kental itu sih lingkungan kerjanya friendly, terus kami itu setara semuanya. Kami berjalan bersama. Jadi bebas, dalam artian bebas yang bertanggungjawab ya. Jadi kita respect ke atasan itu bukan karena jabatan, tapi kita respect-nya karena memang dia adalah orang yang pantas untuk mengisi posisi itu. Terus aku kan remote, kalau di kumparan, remote itu nggak perlu ke kantor. Bisa bekerja dari rumah, co-working space, atau kafe yang membuat aku nyaman.

Selama kerja di kumparan apa saja fasilitas yang didapat?

BPJS, asuransi pihak ketiga, alat kerja (Bisa pilih MacBook Pro atau ASUS), didukung kalau mengikuti kegiatan tech-conference ke luar negeri (Apalagi kalau menjadi speaker, biasanya akan didukung penuh), dan 14 kali gaji dalam setahun. Nyaman banget pokoknya. Jadi nggak terasa sedang bekerja, tapi kayak belajar yang dibayar gitu.

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *