Pasang Loker

Febinska NF: Membangun Captivate Berawal dari ‘Ketagihan’ Bikin Event

Sukses ikut berpartisipasi dalam perhelatan event bergengsi saat masa SMA, membuat Febinska tertarik untuk membuat gelaran yang sama keren dengan yang ia jalani sebelumnya. Berawal dari ketertarikan yang berubah menjadi ketagihan, Febinska mulai aktif sebagai konseptor event hingga menciptakan Captivate. Bagaimana pengalaman karier ‘nagih’ Febinska ini? Simak yuk, Jobhuners!

Apa pekerjaan Febinska saat ini?

Saat ini saya jadi Creative Director di Captivate Indonesia.

Apa pekerjaan yang dijalani saat ini sudah sesuai dengan background pendidikan Febinska?

Saya sedang kuliah jurusan Ekonomi. So far, sesuai aja sih. Jadi untuk business to business ke orang itu sesuai.

Captivate itu apa sih? Sejak kapan Febinska mulai merintis Captivate?

Jadi Captivate Indonesia itu merupakan local kreatif di Surabaya. Kita ada event organizer, kita ideation, sampai yang terbaru kita bikin media. Medianya tentang apa? Tentang isu-isu saat ini. Startup, bisnis yang berkembang di masa depan, tentang pekerjaan yang akan berganti atau akan hilang, itu kita bahas. Merintisnya baru aja setahun lebih beberapa bulan. Jadi kalau dibilang lama ya nggak lama banget. Struggle? struggle banget, hahaha.

Terkait Captivate, apa saja sih yang Febinska kerjakan?

Jadi saya pribadi itu tugasnya make idea, setelah make idea saya harus mem-breakdown detail nya seperti apa, teknisnya seperti apa, sampai budgeting-nya. Tapi budgeting-nya nggak seluruhnya ke saya, tapi ada orang lain yang bantu saya. Jadi saya harus tahu, ini event bakalan ke mana, kira-kira apa aja komunitas yang bakalan di grab, jadi ketika event berlangsung, kesannya dapat aja gitu.

Bagaimana sih awalnya sehingga sampai bisa tercetus ide untuk membuat Captivate?

Selama kurang lebih semester 1 sampai semester 5, saya memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Dan itu saya mulai dari kerja di distro, setelah di distro ke distro lagi, terus setelah itu dapat tawaran untuk bekerja di suatu event organizer, yang menurut saya itu besar dan kompeten. Dari pekerjaan itu, saya jadi nagih gitu, tapi kontrak saya sudah selesai sama perusahaan itu. Kemudian ada temen saya yang nawarin untuk bikin event, saya pikir kenapa nggak? Awalnya juga takut sih. Karena nggak ada back up-an duit, dan saya nggak punya apa-apa kalau misalnya event itu rugi, saya nggak ada jaga-jaga. Tapi saya sama partner berpikir gimana caranya  supaya event ini untung dan kita bisa makan-makan. Awalnya memang proyek senang-senang dan belum mikir bisnis. Nah dari situ akhirnya nagih-nagih lagi terus banyak kesempatan terbuka dari event satu ke event yang lain.

Mengapa Febinska tertarik untuk menekuni bidang ini?

Potensial. Kalau kita ngomongin tentang sebuah brand atau perusahaan, mereka butuh banget activity untuk menyampaikan produknya ke masyarakat atau target pasarnya. Nah ini yang kita lakukan sebenarnya. Gimana cara-cara kreatif itu bisa menguntungkan brand, tapi juga bisa menguntungkan pengunjung. Jadi saya bikin event itu juga ada misi sosialnya, jadi nggak cuma senang-senang aja, dari situ juga membuka lapangan kerja juga. Event organizer kan masuk industri kreatif, nah disitu bisa ngegaet pasar-pasar lokal Surabaya. Terus dampak sosial yang tercipta itu juga yang bikin senang sih.

Selain aktif di Captivate, apa Febinska punya kesibukan lainnya?

Saat ini saya lagi berjuang skripsi aja sih hahaha, sama mempersiapkan project tahun depan.

Dalam menjalankan bidang ini, apa Febinska punya role model tersendiri?

Siapapun itu bisa inspirator buat saya, even abang Go-Jek. Jadi ketika saya naik Go-Jek, saya ngobrol sama dia, itu juga jadi inspirasi buat saya. Jadi nggak harus public figure yang besar gitu sih nggak. Kadang yang nggak kepikiran pun bisa jadi inspirasi.

Bagaimana Febinska mengatasi momen stuck saat bekerja?

Cari inspirasi di media sosial. Terus ngobrol sama orang juga bisa untuk cari inspirasi sih.

Apa suka duka Febinska bekerja di bidang ini?

Sukanya itu ketemu banyak orang. Kalau dukanya itu nggak punya uang hahaha. Tapi so far masih yang menghasilkan sih, tapi nggak enak aja kalau nggak bisa bayar orang, kayak gitu.

Apa hal paling berkesan selama Febinska berkarier selama ini?

Ketika event itu rame banget. Jadi orang datang, nikmatin banget, sampai upload ke media sosial mereka. Menurut aku itu udah cukup sih. Bikin senang orang.

Apa target jangka pendek dan panjang yang ingin Febinska raih?

Target pendeknya, melegalkan dulu Captivate. Untuk jangka panjang sih banyak ya, bukan sekedar untuk saya pribadi tapi juga untuk orang lain yang pernah kerja dan dateng ke Captivate itu supaya kena positive vibe-nya.

Apakah ada saran dan tips untuk mereka yang mungkin ingin terjun ke bidang yang sama seperti Febinska saat ini?

Buat kamu yang ingin terjun di bidang yang sama seperti saya, jangan takut untuk mecoba, karena itu salah satu cara untuk kita tahu struggling-nya dimana, apa yang kurang, apa yang harus ditambahkan. Dan jangan lupa bersyukur aja sih.

Itu tadi cerita karier ‘nagih’ versi Febinska. Seperti kata Febinska, inspirasi bisa datang dari mana saja loh, Jobhuners. Sesuatu yang mungkin kita nggak pernah pikirkan sebelumnya mungkin saja bisa menjadi inspirasi bermakna dan bernilai. Dan lagi-lagi jangan takut mencoba supaya bisa tahu dimana kesalahan kita. Semoga kamu juga bisa segera menemukan pekerjaan yang nantinya bisa bikin kamu ketagihan ya, Jobhuners!

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *