Gloria Morgen: Penulis dengan Segudang Prestasi

Home / Blog / Gloria Morgen: Penulis dengan Segudang Prestasi

Gloria Marcella Morgen Wiria, salah satu wanita Indonesia yang dikenal sebagai “pemimpi besar”. Bahkan ibu kandungnya sendiri juga mengakui hal ini. Awalnya, sang ibu tidak menyetujui kegemaran Gloria yang suka bermimpi ini. Namun kini ia berhasil meyakinkan sekaligus membuktikan kepada ibunya bahwa kehebatan mimpi dan ketekunan diri ternyata bisa mengantarnya kepada kesuksesan. Kini sang ibu justru berbalik mendukung penuh apapun yang ia mimpikan.

GLORIA_KARIR

Kesuksesan yang Gloria raih tentu berawal dari kegagalan-kegagalan yang pernah ia alami. Dulu gadis berusia 26 tahun ini pernah merasakan salah jurusan saat kuliah. Namun hal ini tidak membuatnya berhenti bermimpi, malah ia semakin terpacu untuk bisa menciptakan jalan kesuksesan yang memang sesuai dengan hal-hal yang digemarinya. Sekalipun hal-hal yang menjadi kesukaannya itu bertolakbelakang dengan bidang akademis yang sedang dipelajarinya.

Dari hobinya menggeluti bidang kreatif, kini ia bisa menjadi seorang penulis, produser, hingga pembicara di berbagai acara. Mau tahu kisah perjalanan seorang Gloria Morgen dalam menggapai seluruh mimpinya? Yuk Jobhuners, kita simak cerita karir Gloria berikut ini!

Bagaimana awal mula Gloria bisa melangkah berkarier pada semua bidang yang sekarang sedang ditekuni?

Semua bermula ketika saya duduk di bangku kuliah, Jurusan Teknik Kimia. Ketika semester 3, saya baru menyadari bahwa untuk kedepannya, saya tidak akan bekerja di bidang Teknik Kimia karena saya tidak menyukai bidang tersebut. Nah, saat itu, saya mulai bertanya ke dalam diri saya sendiri, jika saya tidak menyukai bidang ini, lantas bidang apa yang saya sukai? Dari pertanyaan inilah, saya mulai mencari jati diri dan menyusun rencana jangka panjang untuk menjadi sosok Gloria Morgen saat ini, yaitu produser, penulis naskah film, penulis buku, host #GloriaMorgenShow, pembicara, peraih apresiasi dari PBB, dan menjadi Delegasi Konfrensi Internasional di Amerika Serikat. Semua saya lakukan secara bertahap, dengan membuat target-target kecil, yang mengarah ke target jangka panjang. Kalau gagal, saya akan terus berpikir, mencari cara, hingga berhasil. Yang paling penting adalah selalu mau belajar, tahu kekurangan dan kelebihan diri, serta memperluas networking.

Bagaimana bisa seorang mahasiswa teknik kimia bergelut dengan dunia sastra? Apa yang memotivasi Gloria sesungguhnya?

Saya mau menulis buku, karena saya memiliki tujuan, yaitu ingin berbagi ke sebanyak mungkin orang tentang apa yang saya dapatkan selama saya duduk di bangku kuliah. Saya kuliah, bisa dikatakan, salah jurusan, saya tidak menyukainya, tapi Puji Tuhan bisa lulus dengan IPK di atas 3, mendapatkan apresiasi dari Universitas sebagai Lulusan Terbaik, mahasiswa berprestasi di bidang non-akademik, memenangkan berbagai perlombaan dengan membawa nama kampus, membuat project-project social, serta aktif menjadi delegasi konfrensi nasional dan internasional.

Sebelum menulis buku, saya sering bercerita ke adik-adik kelas saya, yang juga merasa salah jurusan dan putus asa dengan kuliahnya. Saya memberitahu mereka tips-tips agar tetap bisa outstanding sekalipun salah jurusan. Setelah mendengar cerita saya, adik-adik kelas saya menjadi bersinar, mereka pun turut aktif menjadi delegasi konfrensi, memenangkan berbagai perlombaan, menjadi mahasiswa berprestasi juga di kampus.

Terus saya berpikir, luar biasa sekali kekuatan sebuah cerita, bisa menggerakkan seseorang untuk tampil bersinar dan hidupnya dapat menjadi lebih baik. Saya nggak ingin, yang berubah, hanya adik-adik kelas saya, ataupun yang mengenal saya saja. Maka, saya berpikir untuk menuliskan cerita dan pemikiran saya dalam bentuk buku. Supaya, makin banyak orang yang dapat bersinar.

14590311_10209257642031359_1682218942690079951_n

Mengapa tidak mencari atau menggeluti profesi yang linear dengan bidang akademis saja?

Sebenarnya, kalau mau dipaksakan untuk bekerja menjadi Chemical Engineer, saya bisa saja melakukannya. Toh IPK kuliah saya tidak jelek. Saya pun pernah mendapatkan rekomendasi profesor kampus saya, untuk bekerja di Perusahaan Teknik Kimia, tapi saya menolaknya. Tapi, kalau hidup hanya selalu diisi dengan hal-hal yang bersifat terpaksa, betapa menderitanya saya. Toh kalau memang, mau dapat uang, saya yakin, semua profesi juga akan memperoleh uang, selama kita selalu memberikan yang terbaik. Jadi, saya memilih mengikuti passion, strength dan calling saya. Saya juga beruntung karena orang tua saya pun turut mendukung pilihan saya.

Sudah berapa lama Gloria menjankan semua profesi ini?

Sebelumnya, saya bekerja kantoran di perusahaan makanan selama kurang lebih dua bulan, di bagian marketing. Tapi saya merasa tidak nyaman, dengan sistem bekerja kantoran. Sejak November 2015, saya resign dan menjalankan profesi impian saya sampai hari ini. Jadi sekitar dua tahun lebih, sudah hidup seperti yang saya harapkan.

Dari latar belakang akademis dengan profesi yang saat ini digeluti kan cukup bertolak belakang, mana yang lebih diprioritaskan oleh Gloria? Lalu mengapa?

Saya lebih memprioritaskan profesi saya saat ini, karena semua yang saya kerjakan, memang tidak berhubungan dengan bidang akademis saya, Teknik Kimia. Tapi bukan berarti saya menyesal, kuliah di bidang Teknik Kimia. Justru karena saya kuliah di jurusan ini, saya jadi bisa mengenal diri saya lebih baik dan bisa menjadi diri saya yang seperti ini.

Nah jika dari profesi sebagai host, writer, producer, dan author, mana profesi yang dirasa paling nyaman dan paling cocok dengan karakter Gloria sendiri?

Semuanya cocok dengan karakter saya, saya sangat nyaman menjalankan ini semua. Ini semua adalah profesi yang saya idam-idamkan sejak lama. Bisa berada di titik ini, membuat saya selalu bersyukur.

Apa yang membuat Gloria bisa go International seperti sekarang ini?

-Semua bermula, dari yang namanya mimpi. Saya memang, memasang target untuk go international, dan apa yang saya lakukan setiap hari memang mengarah ke tujuan tersebut.

-Berteman dengan teman-teman yang sudah go international. Ini sangat membantu kamu dalam mempelajari cara mereka berpikir, cara mereka bergaul, dan akan sangat memotivasi kamu untuk bisa segera go international juga seperti mereka.

-Saya mempunyai prinsip, di dunia ini, ada tiga hal yang tidak pernah salah, yaitu mimpi, cinta dan harapan. Kalau yang berkaitan dengan tiga hal ini, saya akan terus memperjuangkannya, sekalipun tidak ada orang yang percaya dengan saya. Dari diri saya sendiri, saya yakin dan percaya dengan diri saya sendiri.

Apakah personal branding itu penting dalam perjalanan karier Gloria? Jika iya, berikan alasannya kemudian jelaskan bagaimana caranya melakukan branding diri yang baik hingga akhirnya bisa go internasional.

Menurut saya personal branding itu adalah hal yang penting, bagaimana orang mendeskripsikan personal kita. Personal branding yang baik, membuat seseorang itu terakreditasi baik di mata masyarakat, sehingga peluang atapun tawaran kerjasama akan jauh lebih mudah untuk didapatkan.  Kuncinya adalah jadilah diri sendiri dan konsisten. Jangan pernah mencoba untuk menjadi orang lain. Setiap orang itu unik, jadi cobalah mencari keunikan yang kalian punya dan jadikan hal tersebut sebagai pembeda. Setelah itu lakukanlah dengan konsiten. Di zaman sekarang, kamu bisa memanfaatkan social media untuk membantu personal branding-mu. Jangan malu dan jangan takut untuk memposting karya-karyamu di social media.

Siapa sosok role model atau motivator yang turut merubah pemikiran Gloria untuk dapat berkarier sampai sejauh ini?

Walt Disney. Dia bukan datang dari orang berada, pernah gagal berkali-kali, ditipu orang, tapi bisa berhasil dan karyanya diakui secara internasional. Kalau Walt Disney bisa, saya pun pasti bisa.

Apa saja pencapaian yang sudah berhasil diraih oleh Gloria dari masing-masing bidang?

Saya bersyukur tentang berbagai award & achievement yang sudah saya dapatkan sampai sejauh ini, hingga tak saya sangka sejak tahun 2012-2017 lalu, sudah cukup banyak juga jumlahnya. Mungkin beberapa achievment tersebut antara lain:

  • Top 12 Future Leaders by The Wempy Dyocta Koto Award
  • Public Speker in International Conference “Global Christian Youth Conference 2017”
  • Public Speaker in “Indonesia Morning Show” Net TV
  • International Inspiring Youth by United Nations-HABITAT Kenya
  • Top 100 Ambassador of Literacy in West Java
  • Inspiring Youth in Indonesia by Kongres Pemuda Indonesia Government, and many more

Apa hal-hal menarik, berkesan, dan paling memorable selama menggeluti bidang ini?

Awal waktu resign dari kantor, saya sempat kesulitan mencari jalan untuk meraih mimpi saya. Pernah ngerasain, nggak ada uang sama sekali, susah untuk beli makanan, sampai saya harus makan mie instan berhari-hari.

Pas waktu saya di Amerika, saya berkelimpahan makanan, dan ketika saya flash back, di kondisi, saya nggak bisa makan, benar-benar rasanya, Tuhan itu baik, Dia buat segala sesuatu indah pada waktunya. Dia buat saya jadi orang yang lebih kuat lagi.

18052421_1406081509453250_225042280_o

Sesungguhnya apa arti pekerjaan ini bagi Gloria?

Sarana untuk berbagi dan menginspirasi banyak orang

Tentang pencapaian dan harapan, apa saja yang masih ingin diraih oleh Gloria di masa mendatang?

Untuk mimpi saat ini, saya berharap, buku yang saya tulis, bisa diangkat menjadi film layar lebar.

Apa saja tips dan trik dari Gloria untuk Jobhuners yang ingin menggapai impiannya?

Ada beberapa tips dari saya, antara lain:

  1. Mengenal diri dengan baik

Tahu strength dan passion. Terus maksimalkan. Tahu kelemahan yang kita punya, kemudian tingkatkan supaya itu tidak menjadi kelemahan kita lagi.

  1. Tahu tujuan kita mau kemana, jadi apa.

Tips untuk tahu tujuan, beranilah mencoba banyak hal. Banyak belajar, banyak cari tahu melalui buku, seminar, workshop.

  1. Punya role model dan komunitas yang tepat
  2. Buat target jangka pendek dan jangka panjak untuk merealisasikan setiap mimpi kalian.
  3. Cuekin orang-orang yang meremehkan mimpi kalian, menilai negatif ide kalian dan diemin aja, orang-orang yang iri dengan kalian. Semulia apapun visi kalian, selalu ada orang yang tidak suka. Haters selalu ada.

Ternyata selain pejuang mimpi yang hebat, Gloria juga salah satu inspirator muda bangsa Indonesia yang luar biasa ya, Jobhuners! Ia telah membuktikan seluruh mimpinya dengan berkontribusi secara nyata untuk Indonesia. So, kalau mimpi Gloria Morgen saja bisa terwujud, bagaimana dengan kamu Jobhuners?

Penulis: Azizah Nuranini

Editor: Cynthia Cecilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *