Pasang Loker

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengirim Surat Lamaran Melalui E-mail

e-mail

Saat ini kemajuan teknologi memang sudah sangat pesat. Setiap orang bisa melakukan apa saja yang diinginkan hanya dengan gadget yang dimilikinya, mulai dari PC, laptop, smartphone, hingga tablet. Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi memang memberikan dampak yang baik dari segi efisiensi waktu, tenaga, dan uang. Dahulu untuk mengirim surat saja butuh berhari-hari bahkan berminggu-minggu baru sampai ke tujuan. Belum lagi menunggu balasan surat, pasti akan memakan waktu lagi. Selain itu, mengirim surat dengan cara lama juga akan boros kertas. Kini mengirim surat menggunakan e-mail hanya membutuhkan beberapa detik saja untuk sampai kepada tujuan. Sangat praktis kan?

e-mail

Jika diingat kembali, dulu untuk mengirim surat lamaran kerja kepada perusahaan harus melalui pos atau diantar langsung. Kini e-mail pun mempermudah para pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran yang hendak mereka kirim ke perusahaan. Beberapa perusahaan sekarang memang sudah berusaha mempermudah para pelamar dengan menyediakan e-mail khusus untuk menampung seluruh surat lamaran kerja yang masuk. Sehingga para pelamar bisa dengan mudah mengirim surat lamaran kerja kapan saja dan di mana saja tanpa perlu mengeluarkan banyak waktu, tenaga, dan uang. Semakin mudah lagi karena sekarang juga telah tersedia berbagai portal lowongan kerja yang membantu para pelamar kerja untuk mengirimkan surat lamaran melalui satu website saja. Namun saat mengirimkan surat lamaran kerja melalui e-mail, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat mengirimkan surat lamaran kerja melalui e-mail.

Jangan mengirim e-mail secara massal

Jangan pernah mengirim surat lamaran kerja langsung secara massal ke beberapa perusahaan dalam satu e-mail. Tentu saja hal ini menandakan bahwa Anda tidak serius melamar ke perusahaan tersebut. Selain itu, cara ini juga membuat Anda terlihat tidak profesional.

Harus ada keterangan yang jelas

Walaupun surat lamaran kerja ini dikirim melalui e-mail, namun Anda juga harus tetap mencantumkan penerima dan seluruh isi dengan lengkap dan jelas. Banyak ditemukan pelamar mengirimkan e-mail hanya berupa CV saja, tanpa adanya keterangan yang jelas. Surat tersebut harus jelas ditujukan kepada siapa, maksud mengirim surat tersebut apa, dan posisi yang ingin dilamar apa. Tulis dengan jelas kepada siapa e-mail tersebut ditujukan. Kemudian tulis ‘subject’ e-mail dengan jelas, tuliskan apa inti dan maksud e-mail tersebut. Setelah itu, buat kata pengantar, isi, dan penutup layaknya sebuah surat lamaran pekerjaan.

Jangan mengirimkan file yang berukuran besar

Hal ini sering dilupakan oleh para pelamar. Banyak pelamar yang tidak memperhatikan ukuran file yang mereka kirimkan. Tentu saja beberapa perusahaan merasa keberatan jika file yang Anda kirimkan memiliki ukuran yang terlalu besar. Untuk menyiasati hal ini, Anda bisa mengecilkan ukuran file dengan menggunakan beberapa aplikasi atau website khusus.

Ketiga hal di atas bisa Anda perhatikan sebelum mengirimkan surat lamaran kerja melalui e-mail. Jangan sampai ketidaktelitian membawa Anda kepada hasil yang tidak memuaskan.

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun