Pasang Loker

Hanna Amanda: Berani Mencoba Itu Modal Penting

Tidak sedikit warga Surabaya dan luar kota yang merasa terbantu dengan adanya akun Instagram @surabaya. Fokus mengangkat konten-konten seputar kota Surabaya dan isinya, akun ini memang menarik untuk diikuti. Nah, Hanna Amanda atau yang akrab dipanggil Hanna ini adalah salah satu pencipta konten untuk akun yang memiliki pengikut lebih dari delapan puluh ribu tersebut. Bagi Hanna, menekuni profesinya di era digital seperti sekarang ini bukan hanya tentang harus peka pada hal yang trending, melainkan juga harus berani mencoba hal-hal baru agar konten terus dinamis. Seperti apa sih cerita karier Hanna? Yuk, simak!

Pekerjaan apa saja yang pernah Hanna jalani sejauh ini?

Dari 2014 sampai 2017, saya pernah jadi radio announcer untuk salah satu radio swasta di Surabaya, Merdeka FM. Di tahun 2016 sampai 2017, bekerja sebagai reporter di radio yang sama. Kemudian tahun 2018, saya mulai bergabung di bagian humas Pemerintah Kota Surabaya.

Lalu seperti apa pekerjaan Hanna saat ini?

Untuk saat ini, saya berperan sebagai content creator. Jadi saya fokus pada konten apa saja yang akan naik ke media sosial, mulai dari Twitter (@BanggaSurabaya), Facebook (@BanggaSurabaya), hingga Instagram (@surabaya). Saya juga terlibat dalam perencanaan media sosial dan hal-hal teknis lainnya jika ada pagelaran acara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Surabaya.

Mengapa tertarik menekuni pekerjaan ini?

Karena sudah terlanjur suka dan sayang, hahaha! Awalnya, jujur aja, saya takut untuk memulai karena harus handle akun yang cukup besar ini. Kalau diurus seadanya aja kan percuma dan menyia-nyiakan kesempatan yang udah diberikan. Namun setelah ada waktu penyesuaian, ya lama-lama jadi suka dan makin sayang.

Menurut Hanna, apa sih modal utama untuk menjalani pekerjaan ini?

Modal utamanya adalah harus mau belajar dan berani mencoba hal baru. Biasanya, dari beberapa kejadian di lapangan, sudah ada kesempatannya nih, tapi kadang masih takut-takut atau malu-malu untuk mencoba. Menurut saya, selama itu benar dan nggak menyalahi aturan, ya coba aja. Kalau nggak dicoba, ya nggak akan tahu hasilnya seperti apa.

Apa arti pekerjaan ini untuk Hanna?

Sebenarnya pekerjaan ini sedikit berbeda dengan pekerjaan sebelumnya, tapi masih bisa dibilang nyambung lah. Bedanya, kali ini media penyampaiannya melalui media sosial. Buat saya, pekerjaan ini merupakan sarana untuk belajar hal baru dan pengalaman baru yang mungkin nggak pernah saya bayangin sebelumnya. Lewat pekerjaan ini, saya jadi bisa mengembangkan diri ke banyak hal baru.

Bagaimana sih cara menemukan konten yang kreatif dan menarik?

Hal ini nggak lepas dari referensi di Instagram. Melihat bagaimana para Instagramer mengembangkan Instagram-nya itu seperti apa. Lalu harus peka juga dengan perkembangan baru atau hal yang lagi happening.

Menurut Hanna, sebenarnya konten yang kreatif di zaman sekarang itu seperti apa?

Konten kreatif merupakan konten yang bisa membawa pengaruh positif dan informatif untuk pembaca atau followers-nya. Mengemas hal yang baku jadi sesuatu yang menarik dan bisa dinikmati oleh masyarakat luas.

Untuk akun Instagram @surabaya sendiri, konten seperti apa nih yang diangkat?

Kalau akun @surabaya sediri ini fokus untuk menceritakan apa saja tentang Kota Surabaya, mulai dari tempat, taman, makanan, komunitas, orang-orang kreatifnya, dan lain-lain. Intinya, seperti mau bercerita tentang Kota Surabaya melalui Instagram.

Seberapa besar sih peran media sosial dalam membentuk image atau branding?

Menurut saya, peran media sosial itu penting, apalagi terkait mem-branding diri. Karena dari branding yang kita ciptakan di media sosial itu akan berpengaruh besar buat orang lain, mengingat saat ini segala sesuatu bisa dengan cepat diakses melalui media sosial. Semua kalangan, dari anak kecil sampai dewasa bisa mengakses itu. Jadi, lewat branding di media sosial, semoga kita bisa membawa positif vibes buat orang lain.

Bagaimana dengan Instagram, apakah menurut Hanna media sosial ini akan semakin populer ke depannya?

Menurut saya, iya. Mengingat saat ini perkembangan Instagram semakin pesat, fitur-fitur yang dihadirkan juga terus bertambah, jadi besar kemungkinan bahwa yang berminat juga akan semakin banyak.

Apa nih tantangan dan enaknya menggeluti bidang ini?

Tantangannya adalah soal bagaimana caranya untuk menghadirkan konten yang mulanya berat menjadi menarik dan enak untuk dibaca. Sedangkan enaknya, jadi bisa melihat komentar-komentar lucu saat live di Instagram, hehe.

Siapa role model Hanna selama ini?

Susi Pudjiastuti karena beliau mencerminkan perempuan yang strong dan tough woman.

Apa pengalaman paling memorable sepanjang karier Hanna?

Karena pegang media sosial, saya jadi bisa berbicara tatap muka dengan Bu Risma. Misalnya, saat live di Instagram @surabaya.

Selain yang Hanna tekuni sekarang, apa kesibukan Hanna lainnya?

Terkadang membantu untuk jadi voice over talent dan bernyanyi.

Apa nih target jangka pendek dan panjang yang ingin dicapai? 

Untuk target jangka pendek, saya ingin lebih mengembangkan akun Instagram @surabaya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas, karena akun ini adalah sarana yang informatif bagi masyarakat Surabaya, terlebih juga untuk masyarakat luar Surabaya. Dan untuk target jangka panjangnya, saya ingin melanjutkan kuliah S2.

Apakah ada saran dan tips untuk mereka yang ingin terjun ke bidang yang sama seperti Hanna?

Berani mencoba hal baru, karena kalau nggak dicoba, nggak akan tahu hasilnya seperti apa. Terserah orang lain mau ngomong apa, yang pasti harus dicoba dulu aja.

Nah, jangan sampai kamu sudah patah semangat duluan sebelum mencoba. Seperti kata Hanna, mencoba dulu untuk tahu hasilnya. Peluang profesi ini memang menjanjikan, apalagi kita sudah tinggal di era yang serba digital dengan banyaknya pengguna media sosial. Kamu tertarik untuk menjadi content creator seperti Hanna nggak, Jobhuners?

Penulis: Cindy Faradhila

Editor: Cynthia Cecilia

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *