Pasang Loker

Ini Keuntungan Membawa Bekal ke Kantor

Membawa bekal biasanya identik dengan sekolah. Tapi kenapa tidak coba membawa bekal ke kantor? Kesibukan yang banyak memang bisa menyita waktu. Namun bagi kamu yang tidak hobi memasak, membawa bekal ke kantor pasti menjadi hal yang merepotkan. Alasan lainnya pun bisa bermacam-macam, mulai dari tidak bisa bangun pagi, lebih suka makan di luar, hingga gengsi dengan teman sekantor. Padahal sebenarnya membawa bekal itu memiliki keuntungan tersendiri lho.

1

Di Jepang, budaya membawa bekal sudah umum dilakukan oleh orang dewasa, termasuk pekerja kantoran. Sementara itu, di Indonesia sendiri pemerintah yang bekerja sama dengan Tupperware telah melakukan kampanye hari bawa bekal nasional untuk pertama kali pada 12 April 2013 lalu. Hal ini bertujuan untuk mengajak masyarakat membawa bekal, baik untuk anak-anak, remaja, hingga usia dewasa karena manfaatnya yang banyak. Wah, lalu apa saja sih sebenarnya keuntungan dari membawa bekal ke kantor?

Hemat banyak

Seiring waktu, harga makanan memang semakin mahal. Jika kamu berpikir bahwa pengeluaran untuk makan siang di luar itu tidak seberapa, coba deh kamu kalkulasi ulang lagi. Kelihatannya sih sedikit, tapi ternyata pengeluarannya bisa membengkak. Membawa bekal merupakan salah satu solusi jika kamu ingin mengirit pengeluaran.

Membantu menurunkan berat badan

Ketika makan di luar, kamu memang bisa makan enak dan kenyang. Namun, membawa bekal dari rumah akan jauh lebih menguntungkan. Selain bisa makan enak dan kenyang, kamu juga bisa mengontrol dan memilah makanan apa saja yang akan masuk ke tubuh. Membawa bekal bisa jadi salah satu solusi bagi kamu yang sedang melakukan program diet.

Lebih produktif

Membawa bekal berarti mengharuskanmu bangun lebih pagi untuk menyiapkannya. Aktivitas sederhana seperti ini bisa jadi pemanasan kamu sebelum berkegiatan di luar rumah. Selain itu, ketika jam makan siang di kantor tiba, kamu tidak perlu repot-repot lagi ke luar kantor, apalagi harus antre hanya untuk membeli makan. Tentu akan membuang-buang waktu kan?

Kualitas lebih terjamin

Kamu tentu sudah melakukan “quality control” untuk bekal yang kamu buat sendiri. Berbeda dengan ketika membeli makanan di luar, kamu tidak pernah tahu apa saja yang terkandung didalamnya. Dengan membawa bekal, kamu jadi tahu mengenai nutrisi setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bekal milik sendiri tentu juga akan lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Makanan bervariatif

Di Jepang, menu bekal bisa sangat kreatif. Terkadang, menu di tempat makan langganan memang bisa itu-itu saja. Nah, kamu bisa menyiasatinya dengan melakukan variasi menu pada bekal yang kamu bawa.

Pola makan teratur

Dengan membawa bekal, kamu tidak perlu khawatir untuk kehabisan waktu makan siang dan lebih teratur dalam menjaga pola makan. Pola makan yang teratur bisa membantumu untuk meningkatkan produktivitas selama bekerja.

Mengurangi sampah

Membeli makanan biasanya sudah satu paket dengan kemasannya. Mulai dari kertas bungkus, styrofoam, kantong plastik, dan sebagainya. Jika kamu membawa bekal dari rumah, kamu sudah ikut membantu untuk mengurangi sampah-sampah semacam ini lho.

Nah, masa masih ragu bawa bekal kantor sih, Jobhuners? Luangkan sedikit waktu untuk menyiapkan bekal daripada menghabiskan waktu, tenaga, dan uang untuk makan di luar. Kamu bisa mulai membawa bekal ke kantor dan memperoleh tujuh keuntungan di atas. Silahkan dicoba!

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun