Pasang Loker

Kebiasaan Bergosip di Kantor, Mengapa Susah Dihilangkan?

Ada banyak kebiasaan karyawan saat bekerja, namun ada satu kebiasaan karyawan yang biasanya selalu ada di perusahaan dan susah dihilangkan, yaitu bergosip. Sebenarnya ini bukanlah hal yang mengejutkan. Sebagai makhluk sosial, manusia memang memiliki kecenderungan alami untuk bergosip. Bahkan, menurut Laurent Bègue, seorang psikolog sosial, 60% percakapan antar orang dewasa adalah tentang seseorang yang tidak ada di antara mereka. Wah kalau begini keadaannya, apa mungkin kebiasaan bergosip di kantor yang dianggap kontra produktif ini bisa dihilangkan? Sebenarnya apa saja sih fakta tentang kebiasaan bergosip yang perlu kita ketahui? Yuk, simak bersama!

  • Menurut seorang antropolog bernama Robin Dunbar, bahasa muncul karena adanya kebutuhan manusia untuk bergosip.
  • Sebenarnya, bergosip dapat meningkatkan hubungan antar karyawan. Rasa ketidaksukaan bersama bisa menciptakan ikatan yang lebih kuat daripada kegemaran bersama.
  • Berdasarkan hasil penelitian Francis T.McAndre, dan kawan kawan, gosip lebih cepat menyebar ketika menyangkut informasi positif tentang kelompok sendiri dan informasi negatif tentang saingan mereka.
  • Yang menarik, menurut survei dari BMRB Research, sebuah perusahaan riset mengenai isu sosial di Inggris, karyawan pria lebih sering dan senang bergosip daripada karyawan wanita. Berdasarkan hasil survei ke 1.033 responden, muncul fakta bahwa:
    • Satu dari lima pria mengaku bergosip setidaknya tiga jam dalam sehari
    • Satu dari 10 pria suka mencari keburukan orang lain untuk dijadikan bahan gosip. Sementara hanya 4% wanita yang suka melakukan hal yang sama.
    • Pria lebih mudah merasa bersalah setelah membicarakan keburukan orang lain dibandingkan wanita.
    • 55% karyawan pria lebih sering bergosip di kantor, sedang karyawan wanita yang hobi bergosiphanya 46%.
    • Karyawan pria biasanya bergosip mengenai rekan kerja wanita, hobi, selebriti seksi, dan promosi jabatan, sedang karyawan wanita lebih suka membahastentang tren mode yang konyol, teman lama, dan kelakuan tetangga.

Wah, kamu menyangka nggak Jobhuners kalau ternyata karyawan pria cenderung lebih suka bergosip di kantor daripada karyawan wanita? Cukup mengejutkan juga, ya. Hal di atas memang menunjukkan bahwa mayoritas orang suka mendengarkan dan bergosip, termasuk di kantor, namun jangan sampai ini menggangu kinerjamu ya Jobhuners.

Sumber: Tirto.id, BMRB Research, Kompas.com

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *