Pasang Loker

Kenali 7 Tanda Penolakan Saat Wawancara Kerja

Proses memperoleh pekerjaan impian atau yang sesuai memang tidak  mudah. Ada beberapa tahapan yang harus dilalui, salah satunya adalah proses wawancara. Pada tahap ini, para pelamar kerja akan bertatap muka langsung dengan pihak perusahaan untuk diseleksi dan melakukan negosiasi. Selama proses wawancara, sebenarnya kita sudah bisa melihat bagaimana tanggapan perusahaan dan hasil yang akan kita dapatkan nantinya lho. Jika berjalan lancar, kemungkinan hasil yang diterima juga akan memuaskan. Sebaliknya, dalam proses wawancara, tak sedikit yang harus bersiap untuk menerima penolakan.

Penolakan dari perusahaan sebenarnya merupakan hal yang biasa dalam proses mencari pekerjaan, meski nyatanya tidak semua orang mampu menerima penolakan atau ‘kegagalan’ ini begitu saja. Lalu seperti apa tanda-tanda penolakan tersebut? Berikut 7 pernyataan yang bisa menjadi tanda bahwa kamu ditolak seperti yang telah dilansir Forbes.

“Ada kandidat internal yang lebih kompeten…”

Pernyataan tersebut sudah jelas menunjukkan bahwa kamu ditolak. Ini menunjukkan bahwa kompetensimu tidak lebih baik dari pihak internal perusahaan sehingga posisi tersebut belum bisa kamu dapatkan.

“Kami sedang menunggu persetujuan anggaran…”

Ketimbang langsung menunjukkan penolakan, banyak pihak perusahaan yang memilih menggunakan cara halus. Jika kamu mendapatkan respons semacam ini, besar kemungkinan kamu harus menunggu lagi. Proses menuggu yang lama adalah tanda bahwa kamu ditolak.

“Resume Anda sedang kami telaah kembali…”

Seleksi resume di awal biasanya dilakukan secara cepat, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa resume milikmu perlu dicek kembali kesesuaiannya. Namun di sisi lain, tanggapan semacam ini juga bisa merupakan sebuah penolakan ketika waktu pengecekan ulang ternyata begitu lama.

“Posisi tersebut sedang ditunda dulu…”

Respons seperti ini kerap digunakan untuk mengulur waktu saja.

“Kita sedang mempertimbangkan Anda untuk mengkombinasikan ini dengan posisi lain…”

Seringkali pihak perusahaan menggunakan cara lebih halus untuk memberi tanda bahwa si pelamar kerja ditolak, salah satunya melalui respons seperti ini.

“Kita hanya ingin melihat kandidat lain…”

Secara eksplisit pernyataan ini telah menunjukkan penolakan. Ini berarti kamu bukan kandidat utama yang mereka inginkan.

“Anda masih kita pertimbangkan…”

Sama halnya dengan sebelumnya, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa kamu bukanlah kandidat utama yang sedang perusahaan cari. Baiknya, jangan berharap terlalu tinggi akan mendapatkan posisi tersebut.

Persiapan diri yang matang adalah cara ampuh dalam mengatasi penolakan. Jangan buang waktumu begitu saja dan gunakan untuk menmukan kesempatan yang lain. Hadapi penolakan sebagai sesuatu yang wajar serta sebagai pengalaman yang bisa kamu ambil pelajarannya. Semangat, Jobhuners!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *