Pasang Loker

Ketahui 10 Alasan Utama Karyawan Betah Bekerja di Sebuah Perusahaan

Saat ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi bahwa banyak perusahaan yang sering mendapat keluhan dari para karyawannya. Hal ini biasanya sering dialami oleh para petinggi perusahan, baik dari divisi HRD maupun dari pihak manjemennya. Sebenarnya kali ini bukan hanya soal gaji saja, melainkan tentang kinerja karyawan yang semakin hari semakin menurun produktivitasnya. Bahkan tak sedikit perusahaan yang sering mengalami pergantian tenaga kerja.

1_-_25_JANUARI_2018

Salah satu faktor terjadinya hal ini ialah karena para pegawai tersebut kurang bertanggungjawab terhadap pekerjaannya sendiri. Rata-rata dari mereka hanya mementingkan gaji tinggi atau memiliki posisi prestisius saja, tanpa mengimbangi dengan kinerja yang setara. Padahal yang seharusnya terjadi ialah semangat kerja harus selalu berbanding lurus dengan gaji yang didapatkan. Dengan semakin tinggi gaji, maka akan semakin giat pula seseorang dalam menuntaskan tanggung jawab pekerjaanya.

Namun, kini faktanya semua bukan hanya tentang uang semata. Malainkan juga dari berbagai faktor lain yang turut mendukung kebetahan seorang karyawan dalam pekerjaannya. Nah, kira-kira apa saja sih yang menjadi moodboaster para karyawan saat bekerja? Berikut ini merupakan 10 alasan utamanya. Yuk, dicatat Jobhuners!

  1. Suasana kerja

Setelah gaji pada peringkat pertama, ternyata yang menempati posisi kedua penentu kenyamanan karyawan ialah pada suasana kerjanya. Dengan suasana kerja yang nyaman, maka pekerjaan dapat semakin mudah dan cepat diselesaikan.

  1. Lingkungan kerja

Suasana kerja yang nyaman tak lengkap jika lingkungannya tak bersahabat. Maka memiliki lingkungan kerja ataup rekan kerja yang sudah sedekat keluarga rasanya dapat semakin menumbuhkan semangat dan menghindarkan kebosanan.

  1. Fasilitas lengkap

Adanya kelengkapan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan ternyata juga berdampak pada tingkat kenyamanan karyawan. Karena jika fasilitas sudah lengkap tersedia, maka karyawan semakin terpacu untuk segera menyelesaikan setiap pekerjaan.

  1. Tunjangan

Salah satu kebutuhan yang juga berpengaruh pada tingkat kenyamanan karyawan. Karena tidak semua perusahan dapat menyediakan adanya tunjangan, maka bagi yang sudah memilikinya pasti akan semakin rajin bekerja agar selalu bisa menikmati berbagai tunjangan ini.

  1. Bonus

Bonus menjadi salah satu iming-iming yang tak kalah menariknya dari tunjangan. Karena setiap kinerja yang memuaskan pastilah akan tergantikan dengan perolehan penghasilan tambahan.

  1. Jenjang karir

Jenjang karir menjadi jalan aman yang menjanjikan. Dengan jenjang karir yang menjanjikan ini, maka karyawan akan menjadi lebih betah bekerja dan memperbaiki kinerjanya untuk meningkatkan produktifitas mereka.

  1. Bos yang tidak bossy

Memiliki atasan yang tidak bersahabat ternyata hanya membuat semakin tidak betah bekerja. Karena jika pimpinannya baik, maka lingkungan bekerjanya pun baik. Dan begitu juga sebaliknya.

  1. Waktu dan jam kerja yang fleksibel

Memiliki jam kerja normal dan tidak menyita hari libur tentu juga menjadi faktor yang diminati banyak karyawan.

  1. Tantangan dan workload

Karyawan juga membutuhkan sedikit tantangan maupun beban kerja yang sesuai dengan kemampuannya. Dengan bobot yang tak terlalu mudah karena akan membuat cepat bosan bekerja dan yang tak terlalu sulit agar karyawan mampu memenuhi target pekerjaannya.

  1. Adanya pembelajaran

Mendapatkan kesempatan ini ternyata juga menjadi salah satu benefit yang diinginkan karyawan. Dengan adanya mentoring ini, biasa seseorang akan mampu mengembangkan diri dan potensinya demi peningktan kinerja mereka.

Wah, banyak juga ya ternyata yang menjadi penyemangat karyawan saat bekerja. Namun yang perlu diingat, seorang karyawan tentu selalu mencari 2 faktor penting utama dalam pekerjaannya, yaitu keamanan dan kenyamanan. Keamanan yang dimaksud ialah aman dalam hal finansial juga karirnya. Sedangkan kenyamanan ialah tentang situasi dan kondisi saat berada dalam rutinitas pekerjaanya. Dari poin-poin di atas, mana yang kamu inginkan ada pada saat bekerja nanti, Jobhuners?

(Artikel ini ditulis oleh Azizah Nuraini)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *