Ketahui Cara Menghadapi Stres Saat Bekerja

Home / Artikel / Ketahui Cara Menghadapi Stres Saat Bekerja

Baik karyawan maupun pengusaha, tentu dituntut untuk selalu produktif saat bekerja. Namun sayangnya ada beberapa perusahaan yang terkadang menuntut pekerja bekerja secara over. Sedangkan bagi seorang pengusaha, pekerjaan terkadang memang terasa tidak pernah ada habisnya. Belum lagi adanya deadline yang semakin membuat pekerja semakin tertekan. Lalu apa sih sebenarnya penyebab hal ini? Tentu semua orang wajar jika mengalami hal ini. Namun jangan terlalu berlarut pada perasaan seperti ini. Karena bagaimana pun, pekerjaan tetap harus dikerjakan. Mengeluh juga tidak akan ada gunanya. Berikut ini merupakan beberapa cara menghadapi stres saat bekerja.

1

Mencoba membuat lingkungan kerja menjadi terasa nyaman

Salah satu faktor pemicu stres saat bekerja ialah lingkungan kerja yang dirasa kurang nyaman. Dengan memiliki lingkungan kerja yang nyaman, aman, bersih, dan rapi, maka kamu bisa lebih nyaman saat bekerja. Jangan sampai lingkungan kerja malah bisa semakin memperburuk suasana hati dan mood untuk bekerja.

Membiasakan untuk bekerjasama dan bertoleransi denga rekan kerja

Dengan memiliki sikap toleransi pada rekan kerja, maka kamu akan memiliki rasa kepedulian yang lebih. Setiap individu tentu memiliki sifat unik yang berbeda-beda. Hal ini lah yang bisa tim menjadi semakin solid. Sehingga apapun pekerjaannya, maka bisa dijadikan sebgaai tanggung jawab bersama.

Saling sharing dengan sesama rekan kerja

Mencoba untuk saling terbuka dengan rekan kerja justru bisa menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menghindari stress. Kamu bisa sharing tentang masalah-masalah pekerjaan yang ada di kantor pada teman atau sahabat yang dipercaya bisa membantu mengurangi stress. Siapa tahu mereka bisa memberikan saran untuk membantu meringankan beban pekerjaanmu, atau malah jalan keluar dari masalah yang sedang kamu hadapi.

Jangan bekerja dengan berlebihan

Bekerja memang sudah menjadi kewajiban agar kamu bisa memenuhi semua kebutuhan hidupmu. Namun jangan pernah over time saat bekerja. Selain pekerjaan yang kamu kerjakan hasilnya bisa tidak maksimal, kamu juga berpotensi mengami berbagai gangguan kesehatan karena waktu produktif dengan istirahat tidak seimbang.

Selalu bersyukur

Yap! Perbanyak bersukur apapun pekerjaan yang sedang kamu geluti dan berapapun pendapatan sudah kamu hasilkan. Minimalisir mengeluh supaya otak selalu tersugesti baik, sehingga pikiranmu akan mengarah pada hal-hal yang memotivasi dirimu sendiri untuk melakukan hal lebih baik.

Itu tadi beberapa cara untuk menghadapi stres saat bekerja. Ingat Jobhuners, apapun pekerjaannya pasti akan berlalu kok. Hadapi saja dengan senyuman. Sudah sewajarnya pekerjaan menjadi hal menyenangkan yang dilakukan untuk mencapai kesejahteraan hidup. Tetap semangat, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *