Pasang Loker

Kiat Menulis di Era Digital yang Perlu Dipahami

Mengapa kita perlu menulis? Menulis merupakan salah satu cara untuk berekspresi, juga untuk berbagi ilmu sehingga dapat bermanfaat untuk orang lain. Menulis juga bisa membawa kepuasan tersendiri, bahkan dengan menulis, siapapun bisa menghasilkan uang. Nah, dalam sesi mentoring kedua pada tanggal 22 April 2018 lalu, Claudya Elleosa atau yang akrab dipanggil Adis, berbagi pengetahuan dan pengalamannya tentang dunia tulis-menulis kepada para intern di Jobhun. Adis menyebutkan bahwa menulis di zaman sekarang ini sangat mudah, terlebih karena berkembangnya teknologi digital. Karya tulisan kita bisa langsung publish dan dibaca banyak orang.

WhatsApp Image 2018-04-23 at 09.11.48

Bertempat di Loop Station, sesi mentoring kali ini membahas tentang bagaimana caranya membuat tulisan yang menarik di era digital. Adis menjelaskan banyak hal, mulai dari teknik menulis hingga tips supaya karya tulisan menjadi viral. Bagi Adis sendiri, tulisan yang bagus merupakan tulisan yang menyeimbangkan sudut pandang, serta menimbulkan pro-kontra. Hal ini bertujuan agar pembaca bisa memilih dan mengambil keputusan mereka sendiri. Mengeluarkan opini sebagai penulis tentu saja boleh, tetapi penulis juga tidak bisa memaksa pembaca untuk memiliki pendapat yang sama. Bukan hanya seimbang, tulisan yang kuat itu juga penting sehingga apa yang kita tulis bisa dipercaya. Cara yang termudah menurut Adis ialah dengan mencantumkan data atau menulis topik yang relate-able.

WhatsApp Image 2018-04-23 at 09.11.48(1)

Sementara itu, Adis juga mengungkapkan bahwa cara supaya tulisan menjadi viral adalah tidak dengan membuat juduk-judul click-bait yang menipu. Pemilihan kata yang tepat ditambah porsi yang cukup dalam judul merupakan kunci supaya tulisan kita menarik minat pembaca. Sebelum acara selesai, terdapat sesi tanya jawab dan sharing dari para intern Jobhun. Para intern Jobhun banyak berbagi tentang pengalaman menulis mereka. Di akhir, Adis menutup sesi mentoring kali ini dengan sebuah kutipan yang menarik, yakni “Tulisan yang kurang sempurna namun selesai itu lebih baik daripada tulisan yang mengagumkan namun tidak pernah selesai,”.

(Berita ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *