Pasang Loker

Lakukan 5 Cara Ini untuk Mengatasi Karier yang Stagnan

Apakah kamu merasa stres karena karier yang stagnan? Jika kamu merasa lelah karena harus melakukan pekerjaan yang sama setiap hari, kemudian merasa tidak memiliki tujuan, bahkan kamu tidak tahu pasti kapan akan naik jabatan atau mendapatkan promosi, berarti kamu harus mulai mengevaluasi diri. Karier yang stagnan bisa membuatmu frustasi dan demotivasi sehingga tidak maksimal saat bekerja.

d1

Ada beberapa alasan mengapa karier yang kamu jalani stagnan. Bisa saja karena kamu memang tidak layak untuk mendapatkan promosi. Hal ini bergantung pada kompetensi diri dan sikap selama bekerja. Alasan lainnya karena impression dari pihak manajemen yang buruk. Jika kamu sudah berusaha sebaik mungkin dalam menyelesaikan pekerjaan tapi masih belum mendapatkan promosi, bisa jadi karena kamu tidak memiliki siasat yang cerdik untuk menujukkan prestasi-prestasimu tersebut. Terakhir, penyebabnya bisa jadi karena kamu sedang bekerja di perusahaan yang salah. Skala perusahaan yang kecil biasanya memang tidak menyediakan banyak posisi atau jabatan. Nah, setelah mengenal masalah yang sedang dihadapi, kamu bisa mulai melakukan perubahan agar mendapatkan perubahan kualitas karier. Coba lima langkah berikut ini, yuk!

Membuat rencana yang jelas

Coba identifikasi masalah apa saja yang menyebabkan kariermu tetap di tempat. Tanda karier stagnan ialah minimnya pemberian tugas dan tanggung jawab, sehingga kamu pun tidak bisa belajar atau memiliki perkembangan baru. Setelah menyadari hal ini, berarti kamu harus mulai untuk memperbaikinya serta membuat rencana yang jelas mengenai target karier seperti apa yang kamu inginkan. Selanjutnya, tentu kamu harus fokus untuk mencapai tujuan.

Meningkatkan kompetensi diri

Salah satu kemungkinan mengapa kamu tidak mendapatkan promosi ialah karena kamu memang tidak layak untuk dipromosikan. Hal ini berkaitan dengan kompetensi, hasil pekerjaan, juga sikap kerja yang tidak memiliki perkembangan. Nah, saatnya kamu meningkatkan kompetensi diri agar kamu pun bisa lebih ‘dilihat’ atasan serta diapresiasi dengan naiknya jabatan nanti.

Memperluas jaringan atau networking

Sebaiknya kamu mulai memperluas jaringan, baik di dalam maupun di luar perusahaan. Jaringan yang luas akan sangat membantumu untuk menghadapi karier yang stagnan. Dengan begitu, kesempatan memiliki perubahan karier akan meningkat berkat mengenal orang-orang baru. Manfaatkan setiap momen untuk bisa mempromosikan diri dan kemampuan yang dimiliki, sehingga kamu akan semakin dikenal dan nantinya dipercaya dalam hal pekerjaan.

Menciptakan inovasi dan meningkatkan kreativitas

Menjadi berbeda dengan menciptakan inovasi bagi perusahaan bisa membuatmu cepat mendapatkan promosi. Tingkatkan pula kreativitas dalam bekerja, sehingga kamu bisa menjadi pemberi solusi untuk masalah yang dihadapi perusahaan. Semakin kamu dikenal karena memberikan banyak kontribusi untuk kemajuan perusahaan, maka kamu akan semakin besar mendapatkan peluang emas untuk mendapatkan promosi. Kariermu pun meningkat nantinya.

Mencari tempat kerja baru

Karier yang stagnan bukan hanya disebabkan oleh faktor internal atau dari dalam diri. Hal ini juga bisa terjadi saat kamu berada di perusahaan yang salah. Perusahaan dengan skala kecil tidak menyediakan banyak posisi atau jabatan untuk bisa ditempati. Tidak mungkin kan kalau harus menunggu atasan resign atau pensiun terlebih dahulu supaya kamu naik jabatan. Jika kamu merasakan demikian, maka sudah saatnya untuk mencari tempat kerja baru dengan kesempatan pencapaian karier yang lebih luas.

Pada akhirnya hanya diri sendirilah yang mampu menciptakan perubahan. Jika kariermu stagnan dan begitu-begitu saja berarti kamu perlu berusaha melakukan sesuatu untuk mengubahnya. Coba saja kamu lakukan lima cara di atas untuk meningkatkan kualitas karier. Selamat mencoba, Jobhuners!

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun