Pasang Loker

Lakukan Hal-hal Ini Saat Kamu Merasa Bosan Dalam Bekerja

q1

Dalam menjalanakan setiap pekerjaan, tentu setiap orang akan menghadapi rasa bosan saat melakukannya. Rasa bosan saat bekerja merupakan hal yang wajar dan lumrah, namun jika dibiarkan berlarut-larut bisa menurunkan produktivitas dalam bekerja yang menyebabkan menurunnya kualitas kinerja. Ketika menghadapi rasa bosan, seseorang wajib megelolanya dengan baik agar tidak memengaruhi kualitas kinerja. Nah, supaya kamu dapat mengelola rasa bosan dengan baik, simak eberapa tips berikut ini.

Melakukan relaksasi diri dan bersantai sejenak

q2

Menghadapi pekerjaan yang kian hari semakin menumpuk tentu akan membuat seseorang menjadi bosan. Ketika menemui hal seperti ini, kamu perlu berhenti sejenak untuk merilekskan diri. Menarik nafas panjang dan meregangkan badan di tempat memang mampu membuat badan rileks ketika bekerja. Berinteraksi dan bercanda dengan rekan sejawat juga dapat mengatasi rasa bosan dan lelah setelah selesai mengerjakan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Hal ini memang terlihat sederhana, namun jika dilakukan ternyata bisa meringankan beban pikiran.

Mendengarkan playlist lagu favorit

q3

Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin yang berhubungan dengan rasa senang. Hal ini ternyata bisa meghilangkan rasa bosan, kemudian menimbulkan semangat dalam menyelesaikan pekerjaan. Mendengarkan musik favorit sebaiknya dilakukan sebelum dan saat bekerja agar bisa memotivasi dalam diri. Untuk memudahkan dalam menyeusaikan suasana, siapkan beberapa playlist lagu sesuai favoritmu. Kamu bisa membuat playlist sesuai dengan suasana, seperti saat bangun pagi, saat mengerjakan sesuatu di kantor, dan berbagai suasana yang sering dihadapi ketika bekerja.

Membuat ruang kerja atau meja kerja lebih produktif

q4

Mood saat bekerja dapat terpengaruh karena lingkungan. Ruang kerja atau meja kerja berantakan akan mendorong seseorang pada rasa bosan. Mendekorasi ulang ruang kerja atau meja kerja menjadi cara efektif dalam menciptakan suasana yang lebih produktif. Selain itu, meletakkan salah satu barang, seperti catatan kepada diri sendiri atau foto orang terkasih juga bisa menjadi cara dalam menumbuhkan motivasi untuk segera menyelesaikan pekerjaan dan tidak menanggapi rasa bosan.

Pergi berlibur

q5

Liburan merupakan salah satu cara efektif dalam menghadapi rasa bosan saat bekerja. Menurut survei pada tahun 2013 yang dilakukan oleh American Psychological Association, liburan bisa menekan perasaan stres dan emosi negatif pada diri. Jika tidak memilki waktu yang banyak, liburan dapat dilakukan dengan menjelajahi sudut-sudut kota pada akhir pekan. Namun sebelum liburan, hendaknya mempersiapkan rencana agar usai liburan tidak mengalami kelelahan yang justru menyebabkan rasa bosan timbul kembali.

Melakukan kegiatan baru

q6

Melakukan kegiatan baru juga menjadi salah satu solusi dalam menghadapi rasa bosan. Dengan kegiatan baru, seseorang bisa lebih dalam mengenali dirinya sendiri dan mampu memunculkan motivasi dalam diri sendiri. Kamu bisa mempelajari sesuatu yang baru atau melakukan hobi. Namun kegiatan baru yang dilakukan juga harus bersifat positif agar dapat membawa dampak perubahan dalam diri yang berefek pada pekerjaan.

Berpikir positif

Ketika rasa bosan melanda, berpikir positif perlu dilakukan. Perlu diketahui bahwa berpikiran negatif justru bias semakin memperparah rasa bosan dan menyebabkan seseorang melakukan tindakan yang negatif. Berpikir positif sendiri dapat merubah rasa bosan menjadi suatu perubahan baik dalam bekerja karena saat memikirkan hal positif mampu membuat seseorang merasa lebih baik dari sebelumnya dan mengingat tujuan awal. Kamu juga perlu bersyukur saat merasa bosan. Saat kamu merasa bosan, ingat bahwa ada banyak orang yang menginginkan pekerjaan dan posisimu pada saat ini, sehingga tidak seharusnya kamu mengeluhkan kondisi ini dan berlarut-larut dalam rasa bosan.

Setelah membaca tips di atas, semoga kalian semakin semangat dalam bekerja ya, Jobhuners! Ingat, rasa bosan sebenarnya bisa dikelola dengan baik kok.

Artikel ditulis oleh Gregorius Satrio Adi Arto Pambudi

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *