Pasang Loker

Langkah Mudah Menyusun Career Plan yang Bisa Dilakukan

Kesuksesan karier di masa depan tentu berkaitan erat dengan perencanaan karier yang matang. Tentu untuk menuju kesuksesan karier di masa depan, kamu perlu menyusun career plan mulai dari sekarang. Bagi setiap individu, career plan merupakan pondasi utama yang menentukan bagaimana tingkat kesuksesan yang akan dicapai di masa depan. So, berikut ini merupakan 5 langkah mudah yang dapat kamu coba untuk bisa mulai menyusun career plan sesuai dengan ekspektasi serta passion yang kamu miliki.

p1

p2

Harus mengenali diri sendiri

Mengapa sih setting career harus mengenali diri sendiri? Alasannya tentu saja karena setiap orang memiliki karakter dan potensi dirinya masing-masing, sehingga untuk menentukan karir idaman harus disesuaikan dengan kegemaran dan keterampilan dari tiap individunya. Jika kamu tidak mengenali dirimu sendiri, bagaimana kamu bisa mengetahui potensi yang tersimpan di dalam dirimu? Dan satu yang terpenting, tak usah hiraukan apapun yang menjadi titik lemahmu. Justru yang harus kamu utamakan ialah memacu kelemahan itu menjadi sumber energi baru yang turut mendukung perkembangan passionmu.

Mulai menyusun visi dari dalam diri sendiri

Jika perusahaan mempunyai visi dan misi, maka kamu sebagai calon karyawan tentunya juga harus memiliki hal yang sama. Kamu bisa mulai menentukan visi dan misi yang mendasari perjalanan karir panjangmu nanti. Visi ini bisa berawal dari mimpi yang ingin diraih.  Merujuk pada ulasan Cambridge Dictionary, visi merupakan pandangan masa depan (view of the future). Karena disini visi merupakan panduan dari dalam diri sendiri untuk mengetahui kemana dan dimana kamu harus melangkah kedepannya. Maka dalam penyusunannya, kamu harus benar-benar memahami serta mengerti secara spesifik terkait apa saja keinginan dalam berkariermu nanti.

Mencoba melakukan review terhadap pencapaian

Untuk semakin mendalami bidang pekerjaan yang sudah menjadi pilihan, alangkah baiknya jika kamu mengadakan tindakan evaluasi terkait apa saja pencapaian-pencapaian yang sudah berhasil kamu raih sampai sejauh ini. Catat apa saja kesalahan yang pernah kamu lakukan, koreksi dan upayakan agar tak dapat terulang kembali. Sedangkan untuk achievement yang sudah berhasil kamu raih, jadikan hal ini sebagai motivasi diri agar semakin berkembang lagi. Jangan lupa untuk mencatat semua penghargaan tersebut sebagi portofolio pendukung resume-mu.

Menggunakan metode S-M-A-R-T

Mulai mecoba penyusunannya dengan ukuran metode “SMART” atau Specific, Measureable, Achievable, Realistic, dan Time-bound. Artinya setiap perencanaan yang kamu pilih selalu berdasarkan hal yang spesifik atau jelas, mudah atau mampu dalam pencapaiannya, memiliki kegunaan tersendiri, realistis tak jauh-jauh dari ekspektasi, dan selalu ada tenggat waktu atau target dalam pelaksanaannya. Melalui metode ini kamu dapat memberikan porsi penyusunannya secara lebih rapih.

Bersikap fokus dan melakukan aksi

Setelah semua langkah sudah berhasil kamu jalankan, saatnya memasuki tahapan lanjutan, yakni “action”. Kamu bisa mulai beraksi dengan modal yang sudah terencana. Upayakan untuk selalu fokus pada setiap langkah yang sudah kamu rencankan. Tak lupa juga untuk mencoba berpandai-pandai membaca tren dan peluang karier yang tersedia disekitarmu. Karena kamu tetap harus jeli dan mampu melihat kondisi pekerjaan yang worth it dimasa kini bahkan di masa depan. Jangan sampai menggeluti bidang yang ternyata ke depan sudah tidak ada lagi akibat tergilas kemajuan teknologi. Jika kita tak bisa memprediski tren masa depan, setidaknya kita bisa cepat beradaptasi dan menyesuaikan keterampilan yang kita miliki dengan kondisi saat ini. And last but not least, atas kegagalan apapun yang akan kamu temui jangan mudah menyerah.

Nah, dari beberapa poin tersebut intinya hanya satu. Kamu harus selalu mengutamakan keterampilan dan kemampuan yang kamu miliki agar bisa menemukan jalan ternyaman untuk menggeluti bidang pekerjaan sesuai dengan pilihan. Dan yang tak kalah pentingnya, kamu harus bisa berkomitmen karena jiwa seorang profesional dituntut untuk gigih dan memiliki komitmen tinggi. Dengan begitu maka seorang profesional akan selalu memperjuangkan apapun tantangan yang dihadapkan demi mencapai kesuksesan karier di masa depan. So, bagaimana degan kamu Jobhuners? Sudah sejauh mana career plan yang mulai kamu susun?

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun