Pasang Loker

Luthfan Herdyanto: Pengalaman Mengelola Coworking Space Sekaligus Membangun @exploresurabaya

Berawal dari keterpaksaan, Luthfan kini justru mengaku senang dengan pekerjaannya di salah satu coworking space ternama di Jakarta. Lelaki yang hobi travelling ini menganggap bahwa bekerja di coworking space merupakan suatu hal yang menarik karena dirinya dituntut untuk selalu dinamis. Menggeluti fotografi, nama Luthfan juga dikenal sebagai salah satu pengelola akun yang telah memiliki ratusan ribu pengikut di instagram, yakni @exploresurabaya. Lalu seperti apa cerita karier Luthfan? Yuk, simak berikut ini!

LUTFIAN-CO

Seperti apa sih pekerjaan yang Luthfan jalani sekarang?

Sekarang saya bekerja di EV Hive Jakarta, di bagian business partnership. Yang jelas, pekerjaan saya ini terkait dengan segala bentuk partnership, seperti mengurus pihak-pihak yang berkolaborasi dengan EV Hive hingga business development. Semisal ada rencana center baru, saya juga yang akan cek dan survei lokasinya.

Apa pekerjaan Luthfan sebelumnya?

Selain pernah di beberapa perusahaan, saya sempat bekerja sebagai fotografer. Sebelum bekerja di EV Hive, saya pun pernah bekerja di salah satu coworking space di Surabaya, yaitu SUB Co di tahun 2015. Di SUB Co, saya berperan sebagai care taker. Pekerjaan saya mengurus hampir segala hal, seperti konten dan lainnya. Di tahun 2016, saya juga sempat menjadi koordinator.

Mengapa tertarik untuk bekerja di coworking space?

Sebenarnya, alasan awal mengapa bisa terjun mengurus coworking space adalah karena keterpaksaan. Saat itu, saya diajak teman untuk mengurus SUB Co. Dari situ lah saya menemukan ketertarikan di bidang ini. Buat saya, pekerjaan ini cukup menarik, dinamis, dan sangat membantu untuk memperluas networking.

Apa saja suka duka bekerja di bidang ini?

Sukanya sih banyak. Saya jadi bisa bertemu  dengan orang-orang baru, juga beragam komunitas. Yang jelas, networking makin luas. Saya juga bisa travelling berkat pekerjaan ini, bahkan sampai ke luar negeri. Sementara tidak enaknya ialah ketika tidak bisa satu visi dengan teman-teman di tempat kerja. EV Hive ini kan besar ya, jadi agak sulit untuk  bisa satu tujuan dengan semuanya.

Apa pengalaman paling memorable selama bekerja di bidang ini?

Ketika buka cabang kedua SUB Co dan itu bertepatan dengan hari ulang tahun saya. Juga ketika bisa berkesempatan menghadiri sebuah konferensi dan bertemu dengan banyak founder coworking space dari luar negeri.

Selain menekuni bidang ini, apa kesibukan Luthfan lainnya? Apakah ada goals dalam waktu dekat?

Selain di EV Hive, saya juga meng-handle beberapa brand besar, seperti Datsun dan Uniqlo untuk melakukan campaign di Surabaya. Saat ini saya juga masih ikut mengelola akun instagram @exploresurabaya, meskipun memang bukan tim inti. Kalau goals dalam waktu dekat sih menikah. Hahaha!

Terkait @exploresurabaya, apa tujuan Luthfan mengelola akun instagram tersebut?

Jadi, bulan Mei  2014 pencetus akun instagram @explorebandung juga membuat @exploresurabaya dan meminta saya untuk mengelola akun tersebut. Dari tawaran tersebut, saya mengajak teman-teman komunitas pecinta fotografi untuk menjadi kontributor konten dan mulai rajin posting. Tujuannya sih sederhana, yang jelas untuk lebih mengenalkan dan membangun citra positif kota Surabaya. Bagi kami, Surabaya adalah kota yang menarik, bukan hanya dari segi bisnis tetapi juga dari segi pariwisata, budaya, sejarah, dan masih banyak lagi.

Sebagai content creator, bagaimana konten instagram yang menarik menurut Luthfan?

Menarik itu sangat relatif ya, jadi tidak bisa disamaratakan. Tapi tips terpenting dari saya adalah jadi diri sendiri. Posting saja apa yang disukai. Posting sesuatu yang memiliki value menarik dan unik sehingga bisa berbeda dari lainnya.

Apakah Luthfan berencana untuk memiliki startup sendiri?

Iya. Saya mendirikan startup berupa platform, tetapi memang belum launching. Ditunggu saja ya.

Lalu siapa sih yang menjadi inspirasi Luthfan selama ini?

Buat saya, siapapun bisa menjadi inspirasi atau role model. Kita bisa belajar banyak hal dari siapapun.

Apakah ada saran dan tips untuk pembaca Jobhun yang ingin menggeluti bidang yang sama seperti Luthfan?

Bekerja di coworking space ini memang menarik, ada banyak value yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat lain atau perusahaan pada umumnya. Untuk bekerja di bidang ini, yang jelas harus berwawasan luas karena kita akan bertemu banyak orang. Tingkatkan juga kemampuan networking dan kreativitas untuk membuat konten.

Nah, apakah kamu tertarik untuk bekerja di coworking space seperti Luthfan? Jangan ragu untuk menunjukkan keunikan yang ada pada diri kamu ya, Jobhuners. Selamat mencoba!

(Artikel ini ditulis oleh Cindy Faradhila)

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun