Pasang Loker

Mengenal Profesi Chef Beserta Tingkatan Jenjang Kariernya

Halo Jobhuners, apakah waktu kecil kamu pernah menonton Ratatouille? Film animasi yang bercerita tentang seorang chef yang bekerja di sebuah restoran besar. Film ini memberikan gambaran kepada kita mengenai profesi chef itu seperti apa. Nah, kalian pernah nggak nih bercita-cita menjadi seorang chef di restoran besar seperti di dalam film Ratatouille? Penasaran nggak apa saja yang dilakukan seorang chef?

Tugas seorang chef itu seperti apa?

Seorang chef mempunyai tugas untuk membuat resep makanan atau minuman, menentukan dan menakar bahan-bahan apa saja yang diperlukan, kemudian memasak dan menyajikan masakannya.

Kata chef berasal dari bahasa Perancis chef de cuisine yang artinya kitchen director atau seseorang yang menjadi kepala di dapur. Profesi ini mengatur apapun yang terjadi di dalam dapur, seperti penentuan menu, mengkreasikan makanan atau minuman, memilih bahan-bahan, persiapan masak sampai penyajian makanannya seperti apa.

Profesi chef ini tidak hanya dilakukan 1 orang saja, namun memiliki beberapa anak buah atau tim yang ditempatkan di station-station sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Ada station khusus untuk menangani ikan, menangani daging, ada yang membuat makanan pembuka dan penutup, membuat dessert, membuat saus, dan lain-lain.

Bagaimana tingkatan jenjang karier seorang chef? Tingkatan jenjang karier chef dimulai dari atas ya, Jobhuners.

Executive Chef

Jenjang karier ini berada pada tingkatan paling atas dalam karier chef. Executive chef mempunyai tugas untuk bertanggungjawab pada semua urusan yang ada di dapur.

Sous Chef

Seseorang yang menjabat sebagai sous chef mempunyai tugas untuk bertanggungjawab terhadap resep-resep makanan dan minuman yang ada di dapur. Sous chef disebut juga sebagai orang kedua yang memegang kendali di dalam dapur setelah executive chef.

Demi Chef atau Chef De Partie

Seseorang yang bekerja sebagai demi chef atau sebutan lainnya adalah chef fe partie memiliki tugas yang hampir mirip dengan jabatan supervisor, dimana mereka akan bertugas untuk turun langsung dan mengawasi kinerja anak buah mereka.

Commis

Posisi ini juga memiliki kesamaan dengan profesi kitchen assistant, hanya saja tingkatan posisi ini leih tinggi.

Cook helper atau kitchen assistants

Tugas dari cook helper atau kitchen assistants adalah membantu menyediakan bahan-bahan masakan yang ada di dapur.

Apakah ada syarat tertentu untuk bisa menekuni profesi sebagai chef?

Tentunya ada jika kamu ingin menjadi chef atau koki di restoran-restoran besar atau hotel, syarat yang harus kamu jalani ialah menempuh pendidikan khusus atau mengikuti kursus masak.

Apa hal menarik dari profesi chef?

Gaji chef di Indonesia sangat bervariatif. Pertama kali bekerja sebagai seorang cook helper, gaji yang akan didapatkan bisa sekitar UMR. Hingga nanti posisi akan naik menjadi head chef, maka gaji yang kamu dapatkan akan naik juga dengan kisaran 40 juta. Dan untuk kamu yang ingin menjalankan profesi ini di luar negeri, maka gaji pun akan menyesuaikan juga.

Atau menariknya jika ilmu yang dimiliki sudah cukup mumpuni, maka kamu bisa saja mencoba untuk membuka usaha kuliner milikmu sendiri dengan kemampuan tersebut. Keren banget ya, Jobhuners? Bisa jadi chef sekaligus entrepreneur lho!

Semoga dengan gambaran tentang pekerjaan seorang chef, kalian bisa semakin yakin dan mempunyai semangat tinggi untuk selalu belajar dan bisa mencapai apa yang kalian cita-citakan. Semangat Jobhuners!

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *