Mengenal Profesi Content Creator yang Sedang Hype di Masyarakat

Home / Blog / Mengenal Profesi Content Creator yang Sedang Hype di Masyarakat

Di era digital seperti sekarang, profesi content creator memang sedang naik daun. Banyak brand yang tertarik untuk menggunakan jasa mereka untuk melakukan promosi. Seorang content creator memang harus bisa mencipatkan konten menarik, baik secara visual maupun tulisan. Namun tak hanya itu saja, konten yang mereka buat juga harus kreatif dan bermanfaat bagi para pengikutnya.

Untitled-1

Seorang content creator tidak harus public figure atau selebritis yang sudah terkenal.  Namun mereka jadi terkenal karena keterampilan dan kreativitas mereka dalam menciptakan sebuah konten. Mau tahu lebih lanjut tentang Content Creator? Yuk, kita simak Jobhuners!

Siapa sih content creator itu?

Content creator merupakan orang yang berprofesi untuk membuat suatu konten, baik berupa tulisan, gambar, video, atau suara. Content creator saat ini memiliki banyak wadah untuk menampilkan karyanya. Bisa di YouTube, Snapchat, Instagram, WordPress, Blogger, dan lainnya.

Mengutip dari Wikipedia, content creation artinya sumbangan informasi pada media apapun, terutama media digital. Konten di sini bisa berupa tulisan, suara, video, gambar, apapun itu baik yang sifatnya personal atau bagian dari pemasaran. Singkatnya, content creation adalah materi apa saja yang dibuat orang-orang di dunia internet. Berarti arti content creator merupakan orang-orang yang berkontribusi membuat konten.

Lalu apa sih tugas dari seorang content creator?

Content creator bertugas mengumpulkan ide serta data, kemudian melakukan riset untuk membuat konsep yang akan dijadikan sebuah konten. Setelah itu, mereka akan menghasilkan konten yang sesuai dengan identitas dan branding yang diinginkan untuk memenuhi tujuan yang disepakati dari sebuat konten.

Ada banyak tujuan yang harus dicapai, antara lain harus memahami segmentasi yang akan dituju, mengedukasi banyak orang, menghibur, memberikan informasi yang valid, hingga menyesuaikan konten dengan platform yang dipilih. Dalam hal ini seorang content creator bisa menghasilkan karya untuk multi-platform dan mengevaluasi konten yang telah ditayangkan.

Kemampuan dan pengetahuan apa saja yang wajib dimiliki oleh seorang content creator?

Pengetahuan tentang media produksi, komunikasi, serta teknik dan metode penyebarannya. Termasuk cara alternatif untuk menginformasikan dan menghibur melalui tulisan, lisan, maupun media visual. Selain itu, content creator juga membutuhkan pengetahuan tentang teknik, peralatan, dan prinsip desain termasuk dalam memproduksi rencana teknikal yang presisi, cetak biru, gambar, dan model.

Seorang content creator juga dituntut untuk bisa multitasking dalam berbagai macam hal, mulai dari soft skill hingga hard skill. Seorang content creator juga harus memiliki kemampuan menulis bahasa iklan yang menarik. Kemudian kemampuan berbahasa yang baik, baik bahasa nasional maupun Bahasa asing yang relevan dengan brand.

Nah, itu tadi sekilas tentang content creator. Jadi content creator itu menyenangkan, ya. Tapi tidak semudah yang dipikirkan. Perlu kemampuan khusus agar banyak pengikut menjadi tertarik dengan konten yang mereka sajikan.

Penulis: Azhar Abdi Ramadhan

Editor: Cynthia Cecilia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *