Pasang Loker

Mengenal Profesi Flight Attendant atau Pramugari

Jobhuners, apakah di antara kalian ada yang suka memerhatikan kegiatan flight attendant atau pramugari ketika kalian sedang naik pesawat? Kehadiran seorang pramugari berpenenampilan rapi, menarik, ramah dan siap membantu kita di perjalanan memang menyenangkan ya. Namun, ternyata tugas mereka tidak hanya untuk membantu dan melayani para penumpang saja lho! Mau tahu bagaimana sebenarnya cara kerja dan tugas seorang pramugari? Check this out!

Penyempitan makna

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara kerja dan tugas seorang pramugari, sebaiknya kita memahami lebih dulu apa makna kata dan siapa saja yang bisa disebut pramugari. Awalnya menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah ini diperuntukkan untuk staf semua jenis transportasi umum, baik pesawat terbang, kereta api, maupun kapal, tetapi kemudian istilah ini mengalami penyempitan makna, sehingga istilah pramugara/pramugari hanya digunakan untuk pesawat saja dan penggunaannya untuk jenis transportasi selain pesawat sudah jarang ditemukan. Terlebih, di lapangan, jumlah pramugara/i pesawat juga lebih banyak daripada jenis transportasi umum yang lain.

Selain itu, karena dalam suatu penerbangan biasanya lebih didominasi oleh pramugari daripada pramugara, ini menyebabkan istilah pramugari menjadi lebih sering digunakan untuk menyebut pekerjaan, baik pramugari maupun pramugara pesawat.

Memastikan keselamatan dan kenyamanan penumpang

Banyak orang yang salah kaprah menganggap bahwa tugas seorang pramugari hanya melayani para penumpang. Padahal sebenarnya, tugas utama seorang pramugari ialah memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang. Dari sisi keselamatan, ini terlihat dari bagaimana pramugari selalu melakukan safety demonstration ketika penumpang mulai duduk di kursinya masing-masing, saat akan take off, ketika akan landing, dan ketika sudah di darat. Tak hanya itu, pramugari biasanya juga dibekali dengan berbagai kemampuan yang mendukung pekerjaannya seperti pertolongan pertama, membantu persalinan, bela diri, bertahan hidup di alam liar, dan memadamkan kebakaran di udara. Wah, multitalent sekali ya pramugari ini, Jobhuners.

Selain itu, dalam memastikan kenyamanan, pramugari memiliki tugas serving yaitu untuk menyediakan makanan dan minuman serta memenuhi kebutuhan para penumpangnya. Peran ini kadang-kadang menjadi konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, memasang sabuk pengaman, duduk di kursi, menyeleksi barang yang harus dibawa di luggage bin atau mengikuti prosedur keamanan pesawat, namun penumpang tidak mengindahkan hal tersebut. Biasanya hal ini disebakan karena penumpang merasa bahwa itu bukanlah urusan pramugari, padahal pramugari melakukan itu demi memastikan keselamatan para penumpang.

Sederet kualifikasi dan seleksi

Karena tugasnya yang berat dan menyangkut nyawa banyak orang inilah, untuk bisa menjadi seorang pramugari, ada banyak kualifikasi yang harus dipenuhi dengan berbagai seleksi ketat yang harus dilalui. Meski berbeda-beda bergantung pada masing-masing maskapai, namun secara garis besar, pramugari harus memenuhi kualifikasi tinggi, berat badan, dan kemampuan berbahasa Inggris. Setelah memenuhi kualifikasi, calon pramugari harus mengikuti serangkaian tes seperti wawancara, psikotes dan bahasa Inggris. Setelah itu tahap terakhir ialah medical check up.

Sebagai contoh, di Garuda Indonesia, setelah seleksi awal, para calon pramugari masuk ke tahap ground training. Mereka diberi pelatihan teknik pelayanan, penampilan, komunikasi, keamanan, dan pengamanan. Baru setelah itu mereka mengikuti flight training untuk bisa mendapatkan surat izin. Total waktu yang diperlukan hingga seseorang resmi menjadi pramugari kurang lebih 5-6 bulan.

Setelah menjadi pramugari pun, mereka mempunyai banyak aturan yang harus ditaati, mulai dari cara berpakaian dan menggunakan aksesoris, berdandan, dan berat badan. Beberapa perusahaan penerbangan memang sangat keras terhadap penampilan pegawai mereka. Seorang pramugari harus memerhatikan betul apa yang mereka makan untuk menjaga postur tubuhnya. Beberapa maskapai bahkan mempunyai takaran tinggi dan lemak tubuh. Mereka melakukan pengukuran tinggi dan penimbangan berat badan, sekali setahun menggunakan standar BMI (Body Mass Index).

Wah, ternyata proses yang harus dilalui untuk bisa menjadi pramugari cukup panjang ya Jobhuners. Itu mungkin karena tugas dan tanggung jawab mereka yang besar. Jadi setelah ini apa kamu ingin jadi pramugari? Kalau iya, segera persiapkan dirimu ya, tapi kalau tidak, dengan melihat bagaimana sulitnya pekerjaan pramugari, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih ke mereka sebelum kamu turun dari pesawat ya, Jobhuners.

About Author

Highly interested in communication, media, and political studies

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun