Pasang Loker

Mengenal Profesi Sutradara, Orang di Balik Sebuah Film

Film adalah cara seorang sutradara untuk bercerita, jadi pilihan treatment seharusnya bukan semata untuk terlihat keren, pintar, atau gaya.” – Joko Anwar

Ayo angkat tangan untuk Jobhuners yang ingin menjadi sutradara. Apa iya profesi sutradara itu cuman sekadar berterak action! atau cut saja? Nyatanya, tanggung jawab seorang sutradara lebih kompleks dari itu lho, Jobhuners. Dalam pembuatan fim, seorang sutradara bertugas untuk mengarahkan film agar sesuai dengan skenario yang telah disusun sebelumnya. Joko Anwar, seorang sutradara kawakan Indonesia, mendefinisikan seorang sutradara adalah pencipta visi dari sebuah film bahkan jauh sebelum suting dimulai. Jika seorang sutradara belum berpikir dan bekerja lebih berat dari siapapun dalam sebuah produksi film, bisa dicurigai dia belum mengerjakan tugasnya sebagai sutradara.

Joko Anwar mengungkapkan secara singkat dan sangat disederhanakan, sutradara memiliki flow kerja tersendiri. Setelah menerima dan membaca skenario berkali-kali, sutradara akan membangun sebuah dunia dikepalanya, lengkap dengan detail visual, karakter-karakter, dan bagaimana mereka berperilaku. Di kepalanya, sutradara harus sudah bisa melihat warna dunia film yang akan dibuatnya, bagaimana suara di dunia itu, bahkan bagaimana baunya. Sebelum syuting, sutradara harus sudah bisa membayangkan film dari awal sampai akhir. Semua ini dikenal dengan ‘visi sutradara’. Dilansir dari laman instagram @studioantelope, ada 4 skill yang harus diasah untuk menjadi sutradara. Apa saja?

Visi

Menonton film dan mempelajari aneka ragam kemungkinan yang ditawarkan oleh sinema. Resapi dan amati kehidupan disekitarmu.

Manajerial

Mampu menggerakkan, mengkoordinasikan, dan mengatur para rekan kerjanya ke arah yang sama dengan visinya.

Komunikasi

Selain ketrampilan mengkomunisasikan ide dalam bahasa visual, seorang sutradara juga harus mampu menyampaikan informasi kepada rekan kerjanya dengan baik.

Kepemimpinan

Harus mampu menginspirasi orang lain agar mau bertindak sesuai rencana demi mencapai visi yang telah ia bayangkan.

Itu tadi Jobhuners sedikit gambaran tentang profesi sutradara. Dalam menjalankan tugasnya, sutradara akan didampingi oleh beberapa asisten sutradara yang bertugas menjadi tangan kanan dari seorang sutradara itu sendiri. Kuantitas dari asisten sutradara dari masing-masing produksi sebuah film berbeda, bisa 2 atau lebih. Buat Jobhuners yang sudah tertarik dengan profesi sutradara bisa mulai merintis dari sekarang. Jangan pernah lelah mengejar kesempatan, ya. Tetap semangat!

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *