Pasang Loker

Mengenal Profesi UI/UX Designer

Profesi UI/UX Designer ini mungkin sering kamu baca atau dengar di beberapa lowongan kerja yang ada saat ini. Wajar saja, karena profesi ini memang sedang banyak dicari oleh perusahaan, terutama perusahaan teknologi. Terlebih saat ini banyak perusahaan yang memanfaatkan teknologi sebagai solusi dari layanan yang mereka berikan.

Hingga saat ini, para developer program memang  selalu berupaya untuk membuat gebrakan baru demi terciptanya sebuah teknologi yang menjadi solusi. Kita bisa melihat kecanggihan teknologi semakin bermunculan beberapa tahun terakhir ini, mulai dari tampilan ponsel yang semakin enak dipandang dan lebih mudah digunakan, adanya fitur layar sentuh, dan masih banyak lainnya.

Untitled-1

Perlu diketahui bahwa profesi ini sangat berperan terhadap tampilan sebuah aplikasi dan website. Tentu aplikasi dan website yang menarik bisa semakin dimengerti oleh penggunanya. Seorang UI/UX Designer tentu bertanggungjawab dengan hal ini. Lalu apa itu UI/UX Designer?

UI atau User Interface merupakan mekanisme komunikasi antara pengguna (user) dengan sistem pada sebuah program, baik itu aplikasi website, mobile, atau software. Mekanisme itu disesuaikan dengan kebutuhan pengguna terhadap program yang tengah dikembangkan. Cakupan UI itu meliputi tampilan fisik, penggunaan warna, tampilan animasi, hingga pola komunikasi suatu program dengan penggunanya.

Biasanya, seorang desainer UI akan membuat desain yang sekiranya dapat memudahkan pengguna programnya. Desain itu akan disesuaikan dengan tingkat kebutuhan dasar pengguna terhadap program aplikasi atau website tersebut. Output dari hasil desainer UI adalah sebuah program dengan segala fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dalam menggunakan program tersebut.

UX atau User Experience memang tidak terlalu jauh berbeda dengan UI. Perbedaannya terletak pada fokus utama hubungan komunikasi antara pengguna dengan programnya, yakni berfokus pada pengalaman penggunanya. Seorang desainer UX akan merancang program aplikasi atau website berdasarkan pengalaman dari pengguna setelah menggunakan aplikasi atau website tersebut. Dengan begitu, program yang dirancang akan  menjadi lebih mudah digunakan oleh penggunanya.

Nah, itu tadi sekilas penjelasan tentang profesi UI/UX Designer. Mereka serupa, tapi sebarnya memiliki peran yang berbeda. Namun keduanya tetap saling melengkapi. Perbedaannya terletak pada fokus utama. UI berfokus pada kebutuhan pengguna terhadap program aplikasi atau website, sedangkan UX berfokus pada pengalaman pengguna.

Penulis: Azhar Abdi Ramadhan

Editor: Cynthia Cecilia

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun