Pasang Loker

Mengenal Profesi Video Jurnalis yang Lagi Hype

Jobhuners, apakah kamu pernah mendengar tentang profesi Video Jurnalis? Profesi ini mulai populer di Amerika setelah ditemukan pertama kali oleh Michael Rosenblum seorang produser Televisi pada tahun 1988. Walaupun sudah lama populer di Amerika, profesi ini sendiri ternyata baru booming di Indonesia akhir-akhir ini. Jadi, sebenarnya seperti apa sih pekerjaan Video Jurnalis itu?

Profesi Video Jurnalis merupakan perpaduan antara tiga profesi sekaligus, yakni Reporter, Cameraman, dan Editor dimana ia menjadi pelaku tunggal dalam ketiga pekerjaan tersebut. Seorang Video Jurnalis harus memiliki kemampuan handal dalam menulis naskah berita, menggunakan kamera untuk pengambilan cuplikan gambar peristiwa, serta melakukan penyuntingan video sebelum disiarkan menjadi berita yang utuh. Wah. keren nggak tuh Jobhuners?

Profesi yang dianggap efektif ini pun sudah dipakai oleh banyak media seluruh dunia untuk peliputan berita lho, Jobhuners. Sebut saja BBC, media broadcasting asal Inggris ini mulai melatih karyawanya menjadi Video Jurnalis pada tahun 2005. Mengikuti BBC, Voice of America (VOA) serta New York Times juga mengikuti trend mempekerjakan seorang Video Jurnalis untuk perusahaan mereka.

Dibalik segala keefektifan profesi yang satu ini, Video Jurnalis mempunyai kelebihan dan kekurangan, apa saja sih?

(+)

  • Hemat biaya produksi karena tidak membutuhkan banyak orang
  • Lebih cepat dan efektif karena tidak perlu kompromi dengan banyak pendapat

(-)

  • Isu copyright karena maraknya video jurnalis independen
  • Terkadang ketepatan berita kurang tepat dan rancuVideo

Semua orang kini bisa menjadi seorang Video Jurnalis termasuk kamu Jobhuners. Tidak melulu dibawahi oleh suatu instansi, banyak jurnalis freelance yang membuat berita atas kemauan sendiri. Fenomena ini kini kita kenal dengan istilah Citizen Journalist. Gimana Jobhuners, apa kamu juga mulai tertarik dengan profesi ini?

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *