Pasang Loker

Mengenal Profesi Wartawan atau Jurnalis

Jurnalis/wartawan/pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan/dimuat di media massa secara teratur. Laporan ini lalu dapat dipublikasi dalam media massa, seperti koran, televisi, radio, majalah, film dokumentasi, dan internet.

wki

Wartawan mencari sumber untuk ditulis dalam laporannya; dan mereka diharapkan untuk menulis laporan yang paling objektif dan tidak memiliki pandangan dari sudut tertentu untuk melayani masyarakat. Saat ini ada beberapa organisasi kewartawan, antara lain:

  • PWI (Persatuan Wartawan Indonesia)
  • ITJA (Indonesian Tourism Journalist Association)
  • IJTI (Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia)
  • Aliansi Jurnalis Independen

Berikut ini merupakan Jenis-Jenis wartawan yang perlu kamu ketahui.

  1. Wartawan profesional

Wartawan profesional adalah wartawan yang menjadikan kegiatan kewartawanan sebagai profesi atau pekerjaan.

  1. Wartawan freelense

Wartawan freelense adalah wartawan yang tidak terikat oleh lembaga media massa, namun karyanya dimuat di media massa. Wartawan ini bersifat independen.

  1. Wartawan newsgetter

Wartawan newsgetter adalah wartawan yang bekerja atau terikat pada salah satu media massa yang perkerjaannya memilih atau menyeleksi berita yang akan dimuat di media tempat orang tersebut bekerja. Wartawan newsgetter ini tidak independen, akan tetapi terikat pada aturan main media tempat dia bekerja.

  1. Koresponden

Koresponden adalah sebutan untuk para wartawan yang bertugas didaerah dan tidak berada pada satu kota dengan pusat penerbitan. Wartawan ini bekerja dan menulis berira lalu dikirim melalui pos, faksimili, modem, telepon, dan sarana komunikasi lainnya.

  1. Wartawan kantor berita

Wartawan kantor berita adalah wartawan dari suatu kantor berita. Wartawan ini mencari berita untuk suatu kantor lalu beritanya disalurkan atau dijual ke berbagai lembaga penerbitan yang membutuhkan.

Menurut AJI, upah layak wartawan berkisar antara Rp 7,54 juta

  • Media televisi (Rp 3,3 juta – Rp 5 juta)
  • Media cetak (Rp 3 juta – Rp 5,8 juta)
  • Media online (Rp 2,7 juta – Rp 5 juta)
  • Media radio (Rp 2,5 juta – Rp 4,4 juta)

Survei dilakukan terhadap 29 media Indonesia dan 2 media asing pada Desember 2017. Dari survei tersebut terungkap bahwa mayoritas media di Jakarta belum memberikan upah ideal kepada para jurnalis pemula, memiliki masa kerja antara 0 – 3 tahun. Beberapa di antaranya bahkan masih menggaji jurnalis di bawah upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta. Hanya Kompas, BBC Indonesia, dan Reuters yang memberikan upah di atas jumlah ideal. Gaji wartawan pemula di Kompas Rp8,7 juta, di BBC Indonesia Rp15 juta, dan Reuters Rp12 juta.

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *