Pasang Loker

Mengenal Tiga Karakter Penting yang Ada di Startup

Kita bisa melihat bahwa kesuksesan sebuah startup digital dipengaruhi oleh adanya sebuah tim yang kuat didalamnya. Dave McClure, dari 500 Startups, mengatakan bahwa sebuah startup harus memiliki tim inti yang terdiri dari hipster, hustler, dan hacker. Tiga karakter ini biasanya disebut sebagai The Startup Triangle Team. Bisa dibilang ketiganya merupakan pondasi dalam membangun startup.

Untitled-1

Sebuah startup bisa mencapai kesuksesan apabila setiap anggotanya bisa berkolaborasi dengan baik. Tentu saja sukses tidak hanya karena ide dan modal saja. Disinilah peran hipster, hustler, dan hacker dibutuhkan dalam mengisi dan mendukung performa sebuah startup. Apa sih sebenarnya hipster, hustler, dan hacker? Yuk, simak perbedaannya!

Hustler

Hustler merupakan orang yang berperan dalam bidang marketing dan bisnis di sebuah startup. Kebanyakan hustler adalah pimpinan atau CEO sebuah perusahaan, sehingga ia akan menjadi bagian penting dari keberhasilan perusahaannya. Seorang hustler dituntut untuk menjual ide ke investor, melakukan pitching produk ke konsumen, membentuk networking, dan fokus pada masalah manajemen perusahaan.

Hipster

Bisa dibilang salah satu pembeda utama yang ada pada dunia teknologi sekarang ialah desain. Tentu sebuah startup membutuhkan orang yang memiliki kemampuan dalam bidang desain, yang disebut sebagai hipster. Seorang hipster harus mempunyai taste yang baik, sehingga bisa membangun citra startup-nya sebagai brand yang bagus, sekaligus bisa mengemas tampilan website atau aplikasi yang user friendly.

Hacker

Hacker menjadi seseorang yang bertanggungjawab pada bidang teknologi. Seorang hacker harus memiliki keterampilan dasar programming atau coding, baik mengenai teknologi yang diinginkan pelanggan hingga membuat platform yang tujuannya untuk mengembangkan bisnis.

Sebenarnya, ada beberapa perusahaan sukses hanya dengan mengandalkan solo founder. Namun, jarang sekali ada orang yang memiliki ketiga kemampuan tersebut sekaligus. Oleh karena itu, kehadiran hipster, hustler, dan hacker itu penting dalam membangun perusahaan digital seperti startup.

Nah, itu tadi perbedaan ketiganya. Apabila kamu berencana membangun sebuah startup, sebisa mungkin pastikan timmu memiliki semua peran tersebut ya. Nah, kamu sendiri berperan sebagai apa nih, Jobhuners?

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun