Pasang Loker

Pahami 7 Etika Sederhana Ini Agar Lancar Interview

Interview atau wawancara merupakan salah satu proses penting ketika hendak melamar pekerjaan. Setelah proses seleksi CV dan portofolio, kamu akan dihadapkan dengan pewawancara yang akan menilai langsung seperti apa kompetensi dan kepribadianmu. Tak sedikit pula yang gagal pada tahap ini karena kurangnya pengalaman. Wawancara memang menjadi tahapan yang menentukan apakah kamu layak atau tidak untuk mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

HK1

Sebenarnya kunci untuk lolos tahap ini ialah bagaimana kita bisa terlihat percaya diri untuk menunjukkan potensi diri. Sayangnya, beberapa orang justru sudah harus mendapatkan nilai minus hanya karena meremehkan etika wawancara yang baik. Nah, untuk terhindar dari kesalahan tersebut, coba kamu pelajari tujuh etika berikut agar proses wawancara berjalan lancar.

Datang lebih awal

Lebih awal bukan berarti kamu datang dua jam sebelumnya. Kedatanganmu yang terlalu awal justru bisa mengganggu. Perkirakan waktu supaya kamu tidak terlambat, namun juga tetap bisa mempersiapkan diri sebelum proses wawancara dimulai. Karena terlambat bukanlah hal yang bisa dimaklumi, maka kamu harus sudah bisa memberikan kesan baik di awal.

Penampilan yang sesuai

Penampilan merupakan salah satu faktor yang bisa menambah nilai plus untuk sesi wawancaramu. Jika kamu datang dengan pakaian seadanya seperti kaos dan jeans, tentu kamu akan memberikan kesan buruk karena gaya berpakaian yang dinilai tidak siap dan meremehkan. Gunakan pakaian yang sopan, rapi, dan sesuai dengan pekerjaan yang kamu inginkan.

Jangan duduk dulu

Kesalahan ini sering sekali dilakukan. Padahal hal ini sepele, namun ternyata menentukan bagaimana pewawancara menilai etika dan sopan santunmu lho. Setelah dipersilakan, baru kamu bisa duduk dengan nyaman di kursi yang telah disediakan.

Tata kalimat yang baik

Bukan hanya mengenai bagaimana caramu menyampaikan jawaban saja, namun pilihan kata yang kamu gunakan ternyata juga akan masuk penilaian. Jangan sembarangan menggunakan kata-kata ketika menjawab. Sebaiknya gunakan kata-kata yang sesuai dan tegas, namun tetap harus sopan.

Memerhatikan barang bawaan

Jangan sampai smartphone milikmu berdering ketika sesi wawancara. Bisa-bisa fokus malah jadi teralihkan dan suasana yang sudah terbentuk akan menjadi kacau. Begitu pula dengan barang bawaanmu yang lain. Jangan lupa menggunakan map untuk menaruh CV dan portofolio agar membentuk kesan rapi dan sopan.

Menggunakan bahasa tubuh

Bahasa tubuh akan mempertegas setiap pernyataanmu. Namun jangan sampai kamu menggunakannya secara berlebihan sehingga akan mengganggu. Penggunaan bahasa tubuh yang tepat akan memberikan arti positif bagi si pewawancara.

Ucapkan terima kasih

Setelah selesai melakukan wawancara, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih. Hal ini tentu akan menambah nilai plus bagi dirimu di mata perusahaan.

Jadi, itu tadi beberapa etika yang perlu kamu pahami agar proses wawancara berjalan lebih lancar. Tidak bisa dipungkiri, persiapan matang juga bisa menjadi strategi lho supaya kamu bisa mudah lolos dalam tahap ini. Jangan lupa dipraktek-in ya, Jobhuners!

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun