Pasang Loker

Perhatikan 5 Hal Ini Agar Bisa Meraih Karier Global yang Menjadi Impian

Jobhuners, apakah kamu berkeinginan memiliki karier global, Jobhuners? Di tengah kondisi Indonesia yang  sedang menghadapai MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) dan semakin kompleksnya persaingan di era ini, tentu wajar jika seseorang akhirnya tertarik memiliki karier global. Faktanya, memang ada banyak hal menguntungkan ketika seseorang bisa memiliki karier global. Mulai dari jenjang karier menjanjikan, gaji tinggi, hingga pengalaman tak terlupakan.

Sebelum melangkah lebih jauh, penting dipikirkan apa sih tujuanmu ketika ingin memiliki karier global. Apakah ini terkait dengan keinginanmu untuk bekerja di luar negeri, memperluas networking, ingin mendapatkan gaji tinggi, atau karena hal lainnya? Jawaban dari pertanyaan tersebut akan membantumu menemukan tipe karier seperti apa yang cocok untuk dipilih dan ditekuni nantinya. Misalnya, di era digital seperti sekarang, seseorang tak perlu lagi benar-benar ke luar negeri untuk menjajaki karier global, menjadi freelancer dan bekerja secara remote pun bisa mambantumu meraih hal tersebut. Nah, coba perhatikan beberapa hal berikut ini agar impian meraih karier global lebih mudah.

Meningkatkan kemampuan bahasa internasional

Di dunia ini, kita memiliki lebih dari enam ribu bahasa. Angka tersebut bisa terus bertambah seiring berjalannya waktu. Jadi, apa kamu yakin hanya bermodal satu bahasa saja? Menguasai lebih dari satu bahasa akan membantumu untuk berkomunikasi dengan bermacam-macam orang, dan tentu akan membantumu maeraih karier global. Setidaknya, kamu bisa mulai belajar dan menguasai bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat direkomendasikan karena merupakan bahasa yang memiliki jumlah penutur terbanyak di dunia. Tapi, lebih banyak bahasa yang kamu kuasai berarti semakin menguntungkan.

Fokus pada kemampuan spesifik

Cara bersaing di era digital tentu berbeda dengan di masa lalu saat teknologi belum secanggih sekarang. Disrupsi atau gangguan yang muncul akhirnya menuntut manusia untuk terus berkembang dan tidak tergantikan. Salah satu cara terbaik untuk bersaing di era ini ialah dengan memiliki kemampuan spesifik. Kemampuan spesifik yang kamu miliki akan menjadi pembeda dan nilai plus dibandingkan dengan pesaingmu yang hanya berkemampuan umum atau rata-rata.

Memperluas networking

Kemampuan networking ini memang penting dalam berkarier. Memperluas jaringan tidak akan membuatmu rugi. Cobalah aktif dalam kegiatan yang bisa membantumu untuk memperluas jaringan. Networking yang tepat bisa mempermudah jalanmu untuk memiliki karier global nantinya. Misalnya, kamu bisa memperoleh rekomendasi positif dari jaringanmu untuk meningkatkan integritasmu.

Membuat strategi yang efektif

Selain bekerja di luar negeri, seseorang bisa memiliki karier global tanpa harus keluar dari negaranya, yakni ketika seseorang bekerja dengan sistem remote. Susunlah langkah-langkah strategis dan efektif supaya kamu mampu meningkatkan jenjang karier hingga di kancah global. Mulai dari ketahui informasi di mana kamu bisa mendapatkan peluang atau kesempatan tersebut, tingkatkan skill yang dibutuhkan, hingga membangun jaringan.

Mempersiapkan mental

Terakhir, selalu siapkan mental. Salah satu masalah yang sering terjadi ketika seseorang memiliki karier global ialah kurang siapnya mental. Misalnya karena sulit beradaptasi dengan lingkungan atau sistem baru. Kenali negara mana yang akan kamu tuju supaya tidak kaget (culture shock) atau pelajari sistem kerja di tempat yang kamu inginkan dan mulai sesuaikan diri.

Memiliki karier global memang menyenangkan dan menguntungkan. Jika kamu berminat, jangan lupa persiapkan diri dan perhatikan lima hal di atas ya, Jobhuners. Mulai langkahmu hari ini juga!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *