Pasang Loker

Pertumbuhan Pengangguran yang Berhasil Ditekan

Kerja keras pemerintah Indonesia saat ini akhirnya membawa hasil yang baik, terlebih pada masalah penanganan banyaknya pengganguran di Indonesia. Saat ini pemerintah mulai bisa menekan angka pertumbuhan pengganguran, baik di pedesaan maupun di perkotaan, sekalipun keadannya masih terus dihadapkan dengan berbagai tantangan perekonomian yang belum stabil dari aspek dalam dan luar negeri.

INFOGRAFIK1

Hal ini dibuktikan oleh adanya pencatatan dari BPS (Badan Pusat Statistik) yang menyatakan bahwa TPT atau Tingkat Pengangguran Terbuka mengalami penurunan hingga 5,33% per Februari 2017 lalu. Berikut ini merupakan data lengkap angka penurunan yang terjadi sejak tahun 2015 lalu hingga 2017.

  • Skala pedesaan

Terjadi penurunan angka, namun juga masih tercatat adanya kenaikan sampai akhirnya kembali menurun drastis pada tahun ini. Dari 2015, penurunan tercatat sebanyak  4,32% dan sempat naik di angka 4,35% pada tahun 2016, hingga akhirnya dapat menurun drastis sampai 4% di tahun ini.

  • Skala perkotaan

Sedangkan pada perkotaan selalu terjadi tingkat penurunan yang lumayan drastis. Dari tahun 2015 tercatat sebanyak 7,02%, lalu menurun hingga 6,53% pada tahun 2016. Kemudian berhasil menurun lagi sampai 6,5% pada tahun 2017.

  • Skala nasional

Namun jika pada skala nasional, dapat dicatat dan diakumulasi penurunannya sebagai berikut. Sejak tahun 2015 angka akumulasi penurunan berada dititik 5,81%, hingga menurun lagi pada tahun berikutnya di titik 5,5%, lalu kembali menurun sampai di titik 5,33% pada tahun 2017 ini.

INFOGRAFIK2

Nah, dari fakta tersebut berhasil membuktikan bahwa pemerintah tak hanya umbar janji melainkan memberi solusi dari setiap permasalahan sosial yang sedang dihadapi, salah satunya mengenai masalah pengangguran ini. So, Jobhuners bisa terus mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan dan menekan angka kemiskinan dengan terus aktif berkontribusi menjadi generasi produktif masa kini.

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun