Pasang Loker

Purpose: Kisah Perjalanan Alamanda Shantika Hengkang dari Go-Jek Kemudian Membangun Binar Academy

Jobhuners, siapa di antara kalian yang sering banget menggunakan aplikasi Go-Jek? Mungkin hampir dari sebagian besar dari kalian sudah pernah menggunakan aplikasi Go-Jek, baik fitur Go-Ride, Go-Car, atau Go-Food untuk kalian yang hobi banget makan tapi mager buat kemana-mana. Nah, dibalik aplikasi Go-Jek, ternyata ada sesosok wanita yang membantu membangun startup ini tumbuh dari nol hingga akhirnya mampu menjadi salah satu startup unicorn di Indonesia. Yap, Alamanda Shantika. Bagi kalian yang berkecimpung di dunia startup, pasti sudah tidak asing lagi mendengar nama yang satu ini.

Ala, panggilan akrabnya, dulu bekerja sebagai Vice President di Go-Jek. Ia membantu Nadiem Makarim membantu Go-Jek hingga bisa sukses seperti saat ini. Namun sayangnya, Alamanda tiba-tiba memilih meninggalkan Go-Jek dan memutuskan untuk membangun sebuah akademi yang diberi nama Binar AcademyPenasaran dengan perjalanan hidup Ala? Lalu apa sih alasan ia memilih untuk meninggalkan Go-Jek? Nah, kalian bisa membaca semua kisahnya di buku berjudul “Purpose: Living In The Process” karya Alamanda Shantika.

Buku ini baru diterbitkan pada bulan September tahun 2018 lalu. Bercerita tentang perjalanan hidup Alamanda Shantika dari awal merintis karier hingga akhirnya menjadi seorang founder dari Binar Academy. Lika-liku hidupnya menjadi sebuah cerita yang menarik untuk dibaca dan dinikmati lho, Jobhuners.

Dalam buku Purpose diceritakan Alamanda adalah seorang wanita yang lahir dari keluarga sangat berkecukupan. Ia bercita-cita untuk kuliah di luar negeri. Namun sayangnya, cita-cita itu harus pupus dikarenakan sang ayah tercinta mengalami stroke. Semua uang telah habis untuk membiayai pengobatan ayahnya agar bisa kembali pulih. Keluarga Alamanda akhirnya terpuruk dalam keadaan bangkrut, hingga akhirnya ia berpikir dan berkata pada dirinya sendiri: “Saya harus bangkit!”.

Sejak saat itu, akhirnya Alamanda berpikir bagaimana caranya agar ia bisa mendapatkan uang. Dimulai dari menjual CD bajakan kepada teman-teman kuliahnya. Kemudian mencoba untuk menjadi guru privat, belajar bagaimana memasarkan produk yang dibuatnya menggunakan internet. Hingga akhirnya dari situ pula ia mengenal coding. Dari coding, ia belajar tanpa mengenal lelah, sambil membuat sebuah website untuk menyalurkan hobi menulisnya. Dan dari kemampuan coding, tak disangka Alamanda mendapatkan banyak project dari temannya untuk membuat sebuah situs website toko online untuk brand jins.

Rejeki pun tidak berhenti sampai di situ. Banyak proyek-proyek lain yang berdatangan silih berganti, sehingga membuat Ala memilih untuk merekrut tim dan membuat sebuah studio yang bernama Pentool Studio”.  Bisnis ini berhasil dibuat dan berkembang secara pesat melalui project yang dikerjakan oleh tim. Namun karena Ala ingin memiliki ilmu yang lebih, ia juga mengambil sampingan untuk bekerja disebuah perusahaan yang bernama Kartuku. Dari situ ia banyak mendapatkan ilmu dan relasi, tentunya juga akhirnya ia berkenalan dengan Nadiem, yang akhirnya menjadi partner-nya di Go-Jek.

Setelah beberapa lama bekerja di Kartuku, Ala kemudian resign. Nadiem mengajak Ala untuk bergabung di dalam Go-Jek dan Ala pun mengiyakan. Namun di saat Go-Jek berkembang, Ala tiba-tiba mengingat kembali mimpi-mimpinya yang sempat hilang, salah satunya membangun sebuah sekolah. Kemudian ia ingin segera merealisasikan mimpi tersebut. Dengan tekat yang kuat, akhirnya ia memilih untuk meninggalkan Go-Jek dan akhirnya membuat sebuah sekolah atau tempat belajar bernama Binar Academy.

Gimana, Jobhuners? Sangat menginspirasi ya kisah Ala ini? Sayangnya di buku ini, kisah Ala tidak ditulis secara detail dan runtut. Alurnya meloncat-loncat dari a, tiba-tiba menjadi c. Namun kamu tetap akan menikmati kisah inspiratif Alamanda Shantika ini dengan mudah, kok. Cerita perjalanan karier sekaligus hidup Alamanda Shantika ini bisa kalian jadikan panutan agar tidak mudah menyerah dalam menjalani kehidupan. Dan jangan lupa, seperti Ala, kalian juga harus mengeluarkan sekuat tenaga untuk menggapai mimpi-mimpi. Semangat ya, Jobhuners!

About Author

Saya adalah seorang mahasiswi semester 5 di sebuah perguruan tinggi STIKOM Surabaya yang sedang mencoba untuk menjajaki karir sebagai Penulis Content dan Penulis Code Program.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun