Pasang Loker

Ratatouille: Kesatuan dari Persahabatan, Cinta, dan Impian

Buat kamu para pecinta film animasi, pasti tidak asing dengan karya klasik Studio Pixar yang berjudul Ratatouille. Jika kamu belum pernah menonton film ini, sepertinya kamu harus meluangkan waktu untuk menontonnya nih, Jobhuners. Rogert Ebert, seorang kritikus menobatkan Ratatouille sebagai salah satu film terbaik. Bahkan majalah film asal Amerika Serikat sampai harus mengingatkan penonton bahwa perasaan yang mereka dapatkan setelah menonton film ini adalah kebahagiaan.

Film ini sendiri bercerita tentang seekor tikus bernama Remy (Patton Oswalt) yang jatuh cinta dengan budaya kuliner Prancis dan bermimpi menjadi chef yang hebat. Sejak awal, ia memang tertarik dengan masakan. Layaknya manusia yang jatuh hati, Remy antusias menonton acara demo masak hingga membaca buku memasak. Sayang, hasrat itu ditentang keluarganya karena mustahil bagi seekor tikus menjadi chef, terutama ketika tikus kerap digolongkan sebagai binatang pengerat yang dibenci para koki. Di tengah perjalanannya, tak disangka ternyata takdir berkehendak lain. Impian Remy untuk memasak bisa terwujud ketika ia bertemu dengan koki dari salah satu restoran ternama di Paris yang bernama Linguini (Lou Romano). Dari pertemuan itu, persahabatan mereka terjalin. Remy menemukan cara agar bisa memasak melalui pemuda itu, dan berkat bantuan si tikus, Luigi pun mampu menyajikan hidangan luar biasa. Kisah mereka tidak selalu berjalan  mulus, ada juga ritangan yang harus dihadapi.

Selama menonton, kita akan disuguhkan sajian visual yang menarik dan menggoda. Detail penggambaran racikan makanan hingga suasana dapur yang khas begitu dekat dengan kenyataan atau nyaris seperti dapur-dapur restoran sesungguhnya. Dari segi gaya, pendekatan Ratatouille lebih mirip dengan karya-karya Hayao Miyazaki daripada produksi film animasi Pixar lainnya.  Plot tentang persahabatan, cinta, dan impian dipadu sangat apik menjadi satu kesatuan yang membangun cerita sehingga lebih hidup. Tidak salah jika film ini mampu menarik hati penonton hingga meraup banyak penghargaan bergengsi.

Di Prancis sendiri, film ini tercatat sebagai film dengan pendapatan pemutaran hari pertama terbesar ke empat sepanjang sejarah sinema Prancis. Ratatouille juga mendapatkan lima nominasi Oscar, keluar sebagai film animasi terbaik 2007 dan memecahkan semua rekor film animasi di ajang itu.

Melalui film ini, kita bukan hanya akan dihujani perasaan bahagia seperti anak kecil dengan film favoritnya, tapi tentu juga bisa belajar banyak tentang apa yang tidak mungkin ternyata bisa saja menjadi kenyataan. Percaya pada impian dan teguh menwujudkannya harus ditanamkan di benak setiap orang, juga ketika menghadapi setiap tantangannya. Nah, bagaimana pendapatmu tentang film ini, Jobhuners?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *