Pasang Loker

Revolusi Industri 4.0: Ketika Sektor Jasa Mulai Merajai

Maraknya penggunaan teknologi kecerdasan buatan atau biasa dikenal dengan sebutan AI (Artificial Intelegent), semakin memperkuat aroma revolusi industri 4.0 untuk membuat perubahan besar-besaran dalam banyak bidang, khususnya bidang pekerjaan. Hasil penelitian McKinsey Global Institute menunjukkan, sekitar 30 persen tugas dari dua pertiga jenis pekerjaan akan dapat terganti oleh teknologi seperti robot atau kecerdasan buatan pada 2030 mendatang. Karena hal ini, pekerjaan di sektor jasa saat ini semakin meningkat dibandingkan sektor-sektor lainnya seperti halnya sektor agraris dan manufaktur.

Dilansir dar katadata.co.id sebelum tahun 1997, sektor agraris adalah bidang mata pencaharian terbesar penduduk dunia, diikuti oleh sektor jasa, kemudian industri. Namun, persentase pekerja sektor agraris atau pertanian terus menurun dari 42 ke 29 persen, sementara persentase pekerja sektor jasa terus meningkat dari 37 ke 49 persen. Akhirnya, pada tahun 1998, sektor jasa menjadi bidang mata pencaharian mayoritas penduduk dunia, diikuti sektor agraris di posisi kedua. Sektor jasa adalah sektor pekerjaan yang dinilai cocok dengan perkembangan teknologi dalam revolusi industri yang terus berubah digit ke depannya. Pekerjaan-pekerjaan yang muncul di sektor jasa ini adalah pekerjaan yang menuntut perancangan dan pengoperasian teknologi itu sendiri, seperti computer programmer atau user interface designer.

Berikut ini adalah perkembangan pekerja Indonesia dari sektor agraris, jasa, manufaktur, serta penggangguran mulai tahun 2012 hingga 2016:

Tahun/ Sektor 2012 2013 2014 2015 2016
Pekerja Agraris 35,2% 34,8% 32,4% 32,9% 32,1%
Pekerja Jasa 43,4% 44,8% 47,2% 44,9% 45,5%
Pekerja Manufaktur 21,4% 20,4% 20,3% 22,2% 22,4%
Pengangguran 6,1% 6,2% 5,9% 6% 5,6%

Seperti yang sudah terpapar dalam tabel nih Jobhuners, pekerja dalam sektor pertanian mengalami penurunan dalam kurun waktu 5 tahun, berbanding terbalik dengan pekerja sektor jasa yang mengalami peningkatan bertahap namun pasti. Sementara untuk pekerja sektor manufaktur, masih mengalami pasang surut setiap tahunnya. Sektor jasa diprediksi akan menjadi pekerjaan banyak orang di masa depan. Hal ini terjadi karena sektor pertanian dan manufaktur akan semakin terbantu dengan adanya teknologi terbaru yang akan diperbarui setiap tahunnya.

Gimana nih Jobhuners, apakah kamu sudah mulai memikirkan pekerjaan di masa depan setelah revolusi industri 4.0 mulai marak digaungkan? Apakah kamu juga tertarik untuk mulai bergabung dengan para pekerja sektor jasa, seperti banyak orang lainya? Mulai persiapkan dirimu dari sekarang ya, Jobhuners!

About Author

Masih Berkegiatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *