Pasang Loker

Mengenal Profesi Social Media Specialist

Profesi satu ini memang identik dengan kaum millennial, dengan berbagai variasi jabatannya, antara lain Social Media Manager, Admin Social Media, Social Media Officer, dan lainnya. Beberapa tahun silam, pekerjaan ini bisa dibilang tidak ada. Namun sekarang kekuatan media sosial akhirnya membuat profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan. Menjamurnya profesi ini tidak lantas membuat publik familiar. Tidak sedikit yang mengira Social Media Specialist adalah pekerjaan mudah yang bisa dilakukan siapa saja yang gemar lalu lalang di media sosial.

OI1

Sederhananya, seorang Social Media Specialist bertanggung jawab memegang kendali atas seluruh isi jejaring sosial sebuah perusahaan. Namun pekerjaan mereka tidak sebatas sekedar meng-upload foto atau menulis sebaris dua baris caption saja. Setiap langkah yang diambil seorang Social Media Specialist di dunia maya sudah terkalkulasi secara strategis. Dari penempatan konten berbeda untuk media yang berbeda, penggunaan kata kunci yang tepat, hingga perencanaan waktu publikasi sangat dibutuhkan untuk menjamin isi posting meraih audiens sebesar-besarnya dan memberi efek yang diinginkan.

Tidak terbatas hanya untuk perusahaan, jasa Social Media Specialist juga digunakan oleh individu, terutama para public figure seperti politisi dan selebritis. Bagi mereka, citra dan popularitas sejak dulu dianggap sebagai salah satu parameter kesuksesan, dan kini keberadaan social media menjadi medium baru untuk mendulang ketenaran. Di sinilah kepiawaian Social Media Specialist memposisikan dan memanipulasi citra sang klien di dunia maya sangat dibutuhkan.

Apakah setiap orang yang mempunyai akun jejaring sosial bisa menjadi Social Media Specialist? Belum tentu. Idealnya, selain memiliki minat tinggi terhadap dunia digital dan aktif di berbagai jejaring sosial, seorang Social Media Specialist yang kompeten juga perlu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, peka terhadap perkembangan tren dan topik terhangat, dan kreatif. Paham trik-trik dasar tentang Marketing dan pengetahuan mendalam tentang individu atau perusahaan pun menjadi nilai plus.

Kadang kala, Social Media Specialist juga mengemban tugas sebagai humas untuk klien yangmereka wakili. Keluhan yang diarahkan pelanggan ke laman social media perusahaan atau berita miring yang beredar perlu secepatnya direspon dan ditanggapi dan diklarifikasi. Tanggung jawab sehari-hari Social Media Specialist beragam dari mengkurasi konten hingga menciptakan event dan kuis, tergantung kebutuhan klien. Untuk kewajiban dasar, ada beberapa yang perlu mereka penuhi:

– Menganalisa dan mengevaluasi reaksi audiens di berbagai media sosial
– Berinteraksi dengan pelanggan
– Menciptakan dan memperkuat identitas brand
– Memelihara kredibilitas dan kepercayaan dari pelanggan

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *