Pasang Loker

Tak Kalah Penting, Yuk Mengenal Profesi Air Traffic Controller!

Jika kita mengenal polisi sebagai pihak yang mengatur lalu lintas di darat, lantas siapa yang bertanggung jawab dengan lalu lintas di udara? Orang yang mengatur lalu lintas udara disebut ATC (Air Traffic Controller). Profesi satu ini tidak kalah penting dibandingakn pilot yang umum kita ketahui. ATC lah yang mengatur lalu lintas udara agar tidak terjadi tabrakan antar pesawat.

Tugas mereka sebagai pemandu yang akan memberikan informasi atau instruksi kepada pilot demi efisiensi lalu lintas di udara. Karena menjadi ATC berarti ikut bertanggungjawab pada keselamatan penumpang pesawat, maka seorang ATC harus siap untuk selalu fokus, tidak mudah jenuh, dan mampu menerapkan manajemen stres agar pekerjaan berjalan lancar. Apa saja sebenarnya layanan dari pemandu lalu lintas udara ini?

Pada ruang udara terkontrol (Controlled Airsapce), layanan yang diberikan ATC kepada pesawat terbang ada tiga, yaitu:

Aerodrome Control Service

Layanan ini diperuntukkan bagi pesawat terbang yang yang beroperasi atau berada di bandar udara dan sekitarnya, seperti take off, landing, taxiing, dan lainnya. Unit yang bertanggungjawab memberikan pelayanan ini disebut Aerodrome Control Tower (TWR).

Approach Control Service

Layanan ini diberikan kepada pesawat yang berada di ruang udara sekitar bandar udara, baik yang sedang melakukan pendekatan maupun yang baru berangkat. Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Approach Control Office (APP).

Area Control Service

Layanan ini diberikan kepada pesawat terbang yang sedang menjelajah (en-route flight), terutama yang termasuk penerbangan terkontrol (controlled flights). Unit yang bertanggung jawab memberikan pelayanan ini disebut Area Control Centre (ACC). Sedangkan tugas lainnya dari seorang ATC meliputi pelayanan informasi penerbangan (Flight Information Service) dan Pelayanan keadaan darurat (Alerting Service).

Flight Information Service

Flight Information Service adalah pelayanan yang dilakukan dengan memberikan berita, data, dan informasi yang bermanfaat untuk keselamatan, keamanan, dan efisiensi bagi penerbangan.

Alerting Service

Alerting Service adalah pelayanan yang dilakukan dengan memberitahu instansi terkait mengenai pesawat udara yang membutuhkan pertolongan search and rescue unit dan membantu instansi tersebut, apabila diperlukan.

Profesi Air Traffic Controller (ATC) memang membutuhkan kemampuan khusus, sehingga untuk bisa terjun ke bidang ini seseorang wajib mengikuti pendidikan khusus di lembaga yang ada di bawah naungan kementerian perhubungan sebelumnya.

Rata-rata waktu bekerja para ATC ini sendiri berkisar antara 6 hingga 8 jam, dengan sistem shift. Dengan tugas dan tanggung jawab tersebut, gaji rata-rata yang bisa diperoleh ATC freshgraduate saja telah mencapai Rp15 jutaan dan tentu bisa meningkat seiring bertambahnya pengalaman (Menurut Detik.com). Nah, bagaimana pendapat kamu tentang profesi ini, Jobhuners? Jika tertarik, jangan lupa perhatikan hal-hal di atas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *