Pasang Loker

Waspadai 5 Ciri Penipuan Berkedok Lowongan Kerja

Saat kamu mendapatkan panggilan kerja, sebaiknya jangan langsung percaya. Kamu harus membuktikan dulu kebenarannya. Mulai dari profil perusahaan tersebut, hingga lowongan yang ditawarkan. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak lowongan-lowongan penipuan.

Modus ini banyak dilakukan karena semakin banyak orang yang membutuhkan pekerjaan, sehingga marak memunculkan pelaku-pelaku kejahatan yang memanfaatkan keadaan ini untuk mencari keuntungan pribadi. Sadis memang, tapi hal ini sudah terlanjur viral dan tak terhindarkan lagi. Namun jangan khawatir, masih ada celah kok untuk menghindarinya. Berikut ini merupakan beberapa ciri lowongan-lowongan palsu yang perlu diketahui:

2 (4)

Pertama, pastikan kamu mengenali perusahaan yang akan kamu lamar dengan baik.

Tak harus kenal mendalam memang, namun cukup pastikan bahwa perusahaan tersebut real company not fake company. Dan kalau perlu catat semua identitas perusahaan tersebut mulai dari alamat, nomor telepon yang dapat dihubungi, hingga website yang bisa dikunjungi.

3 (3)

Kedua, pastikan iklan yang kamu baca sesuai dengan iklan yang bener-benar ada dan dibutuhkan di perusahan aslinya.

Tidak salah kok apabila kamu ingin meminta konfirmasi dari perusahaan terkait. Bahkan poin penting lainnya, kamu malah akan merasa benar-benar yakin saat akan meng-apply CV dari iklan yang sudah jelas dan pasti.

4 (2)

Ketiga, jangan sekali-kali menghadiri panggilan interview dari perusahan yang tak pernah kamu lamar bahkan tak pernah kamu kenali sebelumnya.

Dari logika saja hal ini sudah tidak mungkin dapat dipercaya. Bisa-bisa hal ini merupakan modus yang menuju dan mengarah pada tingkat kepanikan seseorang. Sehingga apabila orang itu sudah merasa panik maka sang pelaku kejahatan akan dengan mudahnya memengaruhi pikiran korbannya.

5 (1)

 

Keempat, jangan sekali-kali juga membayar atau memberikan sejumlah uang pada calon perusahaan.

Logikanya kamu bekerja untuk mendapatkan uang, jadi tidak mungkin kamu bekerja untuk membayarkan sejumlah uang. Dengan perjanjian dan iming-iming apapun itu jangan pernah menerima. Perusahaan asli tidak mungkin melakukan hal sebodoh ini.

6 (1)

Kelima, yang paling penting tinggalkan saja jika kamu menemukan berbagi hal yang meragukan dari tiap perusahaan.

Sejatinya pekerjaan yang utama datang dari keyakinan dan kemantaban diri untuk mendapatkan pekerjaan impian itu. Dan benar-benar tidak akan berguna apabila kamu bekerja dengan diselimuti berbagai keraguan.

And that’s all the tips about fake job vacancy that we can shared for you. So, always be careful and do smart thing for everything, Jobhuners

About Author

A writer | CEO @jobhun & @passionprojectlab
Director @startupgrindxsub | PR @dilosurabaya | Lead @facebookdevcsub | TechInAsia Chapter Leader SUB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun