4 Tips Mendapatkan Kerja Sampingan di Masa New Normal

Istilah new normal semakin sering terdengar. Pemerintah sedang menerapkan pelonggaran aturan secara bertahap. Tetapi, berbagai sektor pekerjaan menghadapi new normal dalam pengertian yang berbeda-beda. Beberapa pekerja masih berada pada fase unpaid leave. Ada pula perusahaan yang masih memangkas gaji sembari meringankan beban pekerjaan karyawannya.

Kerja Sampingan untuk Mencari Penghasilan Tambahan

Masa-masa sulit ini memang nggak begitu saja akan selesai. Saat perusahaan belum sepenuhnya pulih, banyak pekerja yang belum bisa kembali bekerja dengan normal. Gaji yang dibayarkan perusahaan seringkali nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Lantas, apa sih yang harus dilakukan? Sembari menunggu dunia kerja kembali normal, kamu bisa mencari kerja sampingan. 

Memiliki pekerjaan sampingan untuk mendapatkan penghasilan tambahan bukanlah sebuah fenomena baru. Namun, banyak orang yang mengurungkan niat karena merasa nggak mampu membagi waktu. Masa pandemi ini dapat kamu gunakan sebagai alasan untuk mencoba mencari kerja sampingan!

Apakah kamu termasuk pekerja yang sedang dikurangi beban kerjanya? Atau, kamu sedang dirumahkan sementara dan menunggu sampai perusahaan memanggilmu kembali? Kamu bisa mencari penghasilan tambahan lewat kerja sampingan. Simak tips berikut ini untuk mendapatkan kerja sampingan di masa new normal!

  1. Menemukan passion dan keahlian

(Foto: Branko Stencevic/Unsplash)

Memilih kerja sampingan tidak boleh dilakukan dengan asal-asalan. Kamu tetap harus menyesuaikannya dengan passion dan keahlian. Jika kamu seenaknya dalam mencari kerja sampingan, kamu justru akan mengalami kesulitan saat mencari pekerjaan. Apakah kamu memiliki ketertarikan tertentu pada suatu bidang? Kumpulkan portofolio yang kamu miliki terkait bidang tersebut! Kamu juga bisa mendaftar program Jobhun Academy untuk mendapatkan keahlian baru. 

  1. Mendaftarkan diri pada situs lowongan kerja khusus freelancer

(Foto: Bruce Mars/Unsplash)

Saat ini, banyak situs freelancer yang memudahkan pencarian kerja. Salah satu situs asal Indonesia yang bisa kamu cek yaitu, Sribulancer. Pada situs Sribulancer, kamu bisa mendapatkan pekerjaan sebagai penulis, desainer grafis, hingga videografer. Kamu juga bisa mencoba situs freelance internasional yang akan memberikan bayaran dengan mata uang dollar. Semakin banyak uang yang dihasilkan, semakin menarik bukan?

  1. Memaksimalkan koneksi untuk mendapatkan pekerjaan

(Foto: Thought Catalogue/Unsplash)

Saat mencari kerja sampingan, kamu dapat memanfaatkan jaringan yang sudah dimiliki. Kamu dapat membuat posting-an di akun LinkedIn. Jangan lupa untuk menambahkan kenalan yang berhubungan dengan pekerjaan yang kamu incar. Kamu juga bisa memanfaatkan akun media sosial. Siapa tahu, ada kenalan yang sedang mencari pekerjaan yang kamu butuhkan?

  1.  Membangun bisnis sebagai usaha sampingan

 (Foto: Toa Heftiba/Unsplash)

Kamu tidak harus kerja sampingan di sebuah perusahaan, lho! Menciptakan lapangan pekerjaan sendiri juga dapat menjadi pilihan. Kamu bisa mulai membangun bisnis tanpa modal dengan menjadi dropshipper. Saat ini, masker dan hand sanitizer sedang banyak dicari dan permintaannya akan terus naik. Kamu tinggal mencari supplier dan mulai berjualan lewat media sosial. Menjajal bisnis kuliner rumahan juga bisa dilakukan. Kamu bisa menjualnya melalui media sosial dengan sistem pre-order.

Itu tadi tips yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan kerja sampingan di masa new normal. Bagaimana, apakah kamu sudah siap untuk menambah penghasilan? Semoga kondisi terus membaik dan perekonomian segera kembali pulih ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami