5 Aplikasi Ini Bisa Bantu Kamu Belajar Bahasa Asing

Berapa macam bahasa yang kamu kuasai hingga saat ini, Jobhuners? Jika kamu hanya bisa menggunakan mother language atau bahasa ibu, coba kamu pertimbangkan lagi untuk belajar bahasa lainnya. Bahasa adalah salah satu alat komunikasi yang efektif dan bermanfaat. Data dari lembaga riset bahasa Enthnologue menyebutkan bahwa saat ini terdapat 7.099 bahasa yang digunakan sebagai bahasa sehari-hari (living language). Bahasa tersebut juga termasuk bahasa bahasa daerah.

Kini, belajar bahasa dinilai penting. Globalisasi menuntut kita untuk memiliki kemampuan lebih. Hal ini juga mengarah pada semakin ketatnya persaingan di dunia kerja. Apalagi jika tujuanmu adalah memiliki karier global, maka mau tidak mau kamu harus mampu menguasai bahasa asing. Saat ini, Inggris memang masih menduduki peringkat pertama sebagai bahasa paling populer dan paling banyak digunakan. Sementara di urutan kedua diisi oleh Mandarin dengan setidaknya ada 1,1 miliar orang di dunia yang mampu berbicara dengan bahasa ini. Nah, jika kamu tertarik untuk mulai mempelajari bahasa asing, Jobhun telah merangkum beberapa aplikasi yang dapat membantumu nih.

Duolingo

Duolingo menyediakan fitur yang bisa membantumu melatih keterampilan membaca, mendengar, menulis, hingga berbicara dalam bahasa asing. Format belajar yang seperti game akan terasa begitu fun.

Memrise

Fokus pada penguatan memori, Memrise menggunakan teknik pembelajaran audio dan gambar agar pengguna mudah mengingatnya. Ada latihan dan tes reguler yang akan membantumu menilai sejauh mana kemampuanmu.

Busuu

Berbeda dari dua sebelumnya, konsep belajar aplikasi ini adalah belajar kelompok. Jika sudah masuk dan menjadi anggota komunitas, kamu bisa berlatih dan berbicara dengan para native.

Tandem

Aplikasi ini mirip dengan media sosial. Dengan mendaftar, kamu telah menjadi bagian dari komunitas Tandem. Format belajarnya pun beragam, mulai dari teks, pesan suara, dan video.

Beelinguapp

Fokus dengan format audio, Beelinguapp akan membantumu belajar bahasa asing melalui audiobook. Kamu akan mendengarkan dan membaca cerita sehingga bisa mempelajari kosakata, kalimat, hingga tata bahasa dalam satu waktu.

Kemampuan berbahasa asing adalah nilai plus tersendiri. Di era digital seperti sekarang, kesempatan juga menjadi semakin luas dengan sistem kerja remote yang membuatmu bisa bekerja dari mana saja tanpa terhalang jarak. Bahasa adalah kunci, yakni sebagai penghubung antara kamu dengan dunia luar. Jadi, belajar yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami