Pasang Loker

5 Hal yang Bisa Dilakukan Job Seekers Selama #DiRumahAja

Memasuki bulan kelima sejak pandemi COVID-19 melanda sepenjuru dunia, semakin dalam dampak yang harus kita hadapi, termasuk tantangan di dunia kerja. Bagi kalian para job seekers, saat ini menjadi masa yang terasa semakin sulit karena tidak sedikit perusahaan yang menunda proses rekrutmen. Meski begitu, jangan sampai hal ini menjadi alasan untuk menyerah atau sekedar menunggu pandemi usai. Sebaliknya, jika masih ada niat untuk tetap berusaha, sebenarnya masih banyak kesempatan lain yang bisa dilakukan untuk upgrade diri agar lebih matang dalam mencari pekerjaan.

Jobhuners, berikut beberapa hal produktif yang bisa kamu kerjakan untuk persiapan mencari kerja.

1. Membuat konten kreatif di media sosial

Saat ini media untuk membuat creative content ada bermacam-macam. Mulai dari yang fun seperti pass the brush challenge, mengunggah hasil karya, sampai sharing ide dan pendapat di Instagram Story. Nah, dengan membuat creative content, kamu jadi bisa membangun personal branding yang bagus dan juga memperluas networking, lho!

2. Mempelajari kemampuan baru

Di saat serba online seperti sekarang, ada banyak platform belajar melalui forum-forum online yang bisa kamu ikuti, lho. Salah satunya Jobhun yang menyediakan Jobhun Academy. Nah, jangan lewatkan kesempatan ini untuk eksplor diri sehingga bisa menambah nilai jualmu saat mencari kerja! Mumpung banyak waktu luang, kan?

3. Jangan lupa untuk memperkuat soft skills

Selain hard skills, perlu diingat bahwa soft skill juga nggak kalah penting lho! Kamu bisa bergabung dengan komunitas atau project online yang bisa menambah pengalaman team management-mu. Selain itu, kamu juga bisa mengikuti forum online yang membahas berbagai soft skills dengan ahlinya.

4. Poles CV dan dokumen pendukung lamaran kerja

Setelah mengisi hari-harimu dengan kegiatan produktif tersebut, saatnya kamu memoles dan update CV-mu supaya semakin menarik. Kalau kamu sudah memiliki karya atau pekerjaan baru, bisa langsung menambahkan di portfolio juga.

5. Menata kembali goals dan target jangka pendek

Momen saat ini memang menjadi saat-saat yang nggak menentu untuk job seekers, tetapi jangan sampai kamu menyerah pada keadaan, ya! Kalau pun pekerjaan impianmu masih terasa jauh untuk dijangkau, coba tentukan goals jangka pendek agar kamu bisa sampai di titik itu. Misalkan, target untuk menyelesaikan suatu project, belajar skill baru, menambah portofolio, atau target lainnya.

Nah, supaya kamu bisa memaksimalkan kegiatan ini, saat ini Campuspedia menyediakan serangkaian kelas online yang bisa kamu ikuti. Coba cek kelas apa saja yang tersedia di website Campuspedia dan segera susun rencana produktifmu, ya!

About Author

Nabila Aulia Putri
Public Relations & Creative Content Specialist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Hubungi kami