Pasang Loker

5 Tips Agar Tetap Produktif Saat Puasa yang Wajib Dilakukan

Aktivitas bekerja di bulan Ramadan sedikit berbeda dari biasanya karena bersamaan dengan menjalankan kewajiban berpuasa. Bukan hanya jam kerja yang berubah, namun kondisi tubuh juga ikut berubah. Banyak penelitian menyebutkan bahwa berpuasa bisa sangat bermanfaat bagi tubuh jika memang diterapkan dengan benar. Beberapa manfaat di antaranya adalah mencegah penyakit seperti kolesterol tinggi dan penyakit jantung, serta membabtu detoksifikasi atau proses pembuangan racun dari tubuh. Namun di sisi lain, beberapa orang mengaku berpuasa justru membuat mereka merasa lemas dan mudah lelah saat bekerja. Ini karena tidak adanya asupan makanan atau minuman yang didapatkan di siang hari seperti biasanya. Nah, ketika tubuh lemas dan tidak bersemangat,  produktivitas tentu jadi menurun dan pekerjaan pun akhirnya tidak maksimal.

Lalu bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut? Berikut 6 tips mudah agar tetap produktif bekerja saat berpuasa.

Pilih makanan tepat saat sahur dan berbuka

Beraktivitas saat berpuasa membutuhkan energi yang cukup agar tidak mudah lemas dan lelah.  Jadi, pilihlah makanan bernutrisi dengan asupan gizi cukup saat sahur maupun berbuka. Pilih makanan yang bisa membuat kamu kenyang lebih lama, misalnya olahan gandum. Jangan lupa sesuaikan juga porsinya agar tidak berlebihan atau kekurangan. Konsumsi vitamin jika memang diperlukan.

Minum air putih dan hindari kafein

Mengkonsumsi air putih secara rutin memang memiliki banyak manfaat. Sayangnya, hal tersebut tidak bisa sepenuhnya diterapkan saat bulan puasa. Jadi, coba perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka agar tubuh terhindar dari dehidrasi. Kurangi juga mengkonsumsi minuman berkafein seperti kopi karena minuman jenis ini bersifat diuretik yang dapat menyebabkan tubuh cepat menagalami dehidrasi.

Istirahat cukup

Di bulan Ramadan, jadwal istirahat menjadi berbeda dibandingkan dengan hari-hari biasanya. Maka dari itu harus pandai mengatur waktu untuk beristirahat cukup. Kamu bisa memanfaatkan jam makan siang untuk melakukan power nap supaya tubuh bisa istirahat sejenak dan mengembalikan energi.

Melakukan peregangan sederhana

Saat berpuasa, kegiatan olahraga biasanya sering dilupakan sehingga kebugaran tubuh menurun. Tubuh pun menjadi lemas dan tidak bergairah. Jika kesulitan melakukan olahraga rutin seperti biasanya, kamu bisa coba melakukan peregangan sederhana di sela-sela bekerja agar otot tidak tegang.

Cari aktivitas menyenangkan

Meningkatkan produktivitas harus diimbangi dengan semangat agar makin maksimal. Di sela-sela bekerja, carilah aktivitas menyenangkan untuk mengembalikan semangat dan menghilangkan kantuk karena berpuasa. Bisa dengan bermain game sebentar atau berinteraksi dengan rekan kerja agar bekerja terasa semakin menyenangkan.

Bekerja saat berpuasa memang tidak mudah namun bukan berarti tidak mungkin untuk dijalani. 5 tips di atas adalah beberapa cara sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menyiasati tubuh agar tetap semangat dan produktif bekerja saat berpuasa. Puasa lancar, hasil pekerjaan pun jadi maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp Tanya ke Jobhun